Tips Bikin Podcast untuk Pemula, Mulai dari Alat hingga Konsep

Ilustrasi podcast
Sumber :

VIVA – Dunia Podcast masih cukup baru di Indonesia, namun mulai bergeliat. Kanal Podcast juga mulai menjamur. Nah, bagaimana jika ingin memulai untuk membuat Podcast?  

Iqbal Hariadi dari Podcast Subjective, menceritakan soal awal mulai masuk ke dunia Poscast. Dia mengatakan, memulainya dari perangkat ponsel biasa. 

"Saya mulai dari handphone, enggak mahal juga," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Kamis 3 Oktober 2019.

Untuk tips pada calon pembuat podcast, ia menyarankan langsung memulai saja. Namun, Iqbal mengingatkan, bahwa mereka harus memiliki karakter yang spesifik. Dia sendiri melihat, bahwa tren yang ada saat ini belum berkarakter dan tidak spesifik.

"Kalau melihat trennya, sekarang cuman ikut-ikutan," tuturnya.

Soal latah ini, juga diutarakan oleh Pangeran Siahaan dari Box2box Indonesia. Menurutnya, ini bagian dari berulangnya tren digital.

Dunia Podcast saat ini, menurut Pangeran, masih di tahap awal. Seperti tanah kosong yang di dalamnya ada emas, seperti platform YouTube beberapa tahun lalu.

"Menurut saya, tahun depan bisa melihat bagaimana berseliwerannya Podcast di Indonesia, baik dari sisi yang bikin, yang mendengarkan, dan juga sisi yang mau komersialkan Podcast," kata Pangeran.