Terbongkar!! Ini Fakta di Balik Tudingan Amerika Serikat pada Huawei

Terbongkar!! Ini Fakta di Balik Tudingan Paman Sam terhadap Raksasa Telekomunikasi China. (FOTO: Reuters/Chris Wattie)
Sumber :
  • wartaekonomi

Warta Ekonomi.co.id, Surakarta - Amerika Serikat (AS) telah menuduh Huawei menggunakan peralatannya memata-matai dan menekan negara lain untuk memboikot teknologi 5G milik perusahaan China itu. Namun, tuduhan itu dibantah oleh perusahaan telekomunikasi Uni Emirat Arab (UEA), Du. 

Du melakukan penyelidikan internal untuk membuktikan tudingan AS. Hasilnya, tidak ditemukan masalah keamanan dalam komponen teknologi 5G .

"Huawei merupakan mitra kami dalam meluncurkan jaringan 5G. Dari sudut pandang keamanan, kami memiliki laboratorium sendiri di UEA, lalu mengunjungi laboratorium mereka dan tidak menemukan celah keamanan khusus untuk teknologi 5G," jelas Kepala Teknologi Du, Saleem Albalooshi, dilansir dari Reuters (7/10/2019).

Du tak hanya menyediakan layanan telepon, tetapi juga internet dan televisi di wilayah UEA. Perusahaan bekerja sama dengan Huawei dalam pengembangan . 

Namun, awal tahun ini, AS menuduh Huawei berkolaborasi dengan pemerintah China dan badan intelijen untuk tujuan spionase. Baik Huawei maupun pemerintah telah berulang kali membantah tuduhan itu.