Ada Cacat di WhatsApp, Data di Ponselmu Gampang Dibobol dengan GIF

Kantor pusat WhatsApp
Sumber :
  • Instagram/@sabinarehan

VIVA – Hai kamu mesti hati-hati ya kalau menemukan GIF di pesan WhatsApp. Jangan sembarangan klik ya. Sebab begini guys, peneliti keamanan yang bernama Awakened menemukan celah keamanan pada WhatsApp. Dengan celah keamanan itu, peretas bisa mencuri data di smartphone pengguna cuma hanya dengan mengirimkan GIF saja.

Dikutip dari laman Independent, Selasa 8 Oktober 2019, malware yang memanfaatkan celah keamanan itu memiliki kerentanan tingkat dua kali. Malware ini bekerja jika pengguna membuka GIF khusus yang dikirimkan di aplikasi pesan instan tersebut. 

Peneliti keamanan itu mengatakan, malware itu bekerja pada smartphone dan perangkat yang menjalankan sistem operasi Android 8.1 dan Android 9. Bagi kamu yang WhatsApp-nya berjalan di smartphone yang menjalankan Android versi tua, relatif lebih aman lho

"Pada versi Android yang lebih jadul, malware itu masih bisa terpicu. Bagaimana pun aplikasi itu akan macet sebelum mencapai pada tahap kita bisa mengendalikan register PC," ujar peneliti keamanan itu. 

Atas temuan celah keamanan itu, WhatsApp mengaku sudah bertindak semestinya. 

"Masalah ini sudah dilaporkan dan secara cepat kami selesaikan. Kami tidak yakin insiden ini berdampak pada tiap pengguna, namun kami tentunya selalu bekerja memberikan fitur keamanan terkini untuk pengguna kami," kata juru bicara WhatsApp.