Tol Langit Mengudara Pagi Ini, Apa Sih Manfaatnya?

"Tol Langit" Mengudara Pagi Ini, Manfaatnya Apa Sih?. (FOTO: Andreas Fitri Atmoko)
Sumber :
  • wartaekonomi

Warta Ekonomi.co.id, Surakarta – Palapa Ring alias siap diresmikan Senin (14/10/2019) oleh Presiden di Istana. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengonfirmasi kabar tersebut.

Menkominfo Rudiantara membeberkan hal itu ketika ditemui di ulang tahun kedua unicorn kelima Indonesia, OVO pada Sabtu (12/10/2019) malam.

"Kalau ini (peluncuran Palapa Ring), Insya Allah Senin pagi di Istana," kata Rudiantara. Kabar itu juga dibenarkan oleh Biro Humas Kemenkominfo pada Minggu (13/10/2019) malam.

Peresmian tol langit itu diharapkan dapat meningkatkan layanan internet pada masyarakat, baik individu maupun pengusaha. Dalam hal itu, Rudiantara ingin Palapa Ring bisa memicu lahirnya startup, contohnya di Papua.

Menurut Chief RA, sapaannya, ada salah satu startup di sana yang sudah memanfaatkan Palapa Ring. "(Layanannya) bukan platform e-commerce. Mereka memakainya untuk menjual produk mereka," imbuhnya.

Konstruksi Palapa Ring telah rampung dibangun pada Agustus lalu. Saat ini, ada 18 perusahaan yang menaruh minat menggunakan paket timur, di antaranya: Telkom dan Primacom. Keduanya sudah menguji coba jaringan menggunakan tol langit.

Tak hanya itu, ia juga ingin Palapa Ring dapat menjadi insentif bagi operator seluler, sehingga ada pemerataan jaringan dengan harga setara.

"Sekarang ini, kalau pakai kartu Jakarta dibawa ke sana, di sana 1 MB itu pulsanya tersedot lebih banyak, harga lebih mahal," pungkasnya.