Ada Komet Alien Aneh tapi Nyata, Datangnya dari Luar Tata Surya

Ilustrasi alam semesta.
Sumber :
  • www.pixabay.com/WikiImages

VIVA – Astronom menemukan komet antariksa yang aneh mengunjungi Tata Surya kita lho. Disebut aneh lantaran objek antariksa ini berkunjung dengan cara yang belum pernah terlihat seperti yang ada selama ini. 

Namun, cara komet tersebut berkunjung mengingatkan astronom pada objek antariksa Oumuamua, yang pernah membuat pusing astronom dua tahun lalu. Makanya tak heran, astronom menyebutkan komet terbaru yang mengunjungi Tata Surya itu sebagai komet alien aneh tapi nyata. 

Komet alien yang dimaksud adalah 21/Borisov. Dikutip dari laman Independent, Selasa 15 Oktober 2019, astronom pun penasaran untuk mendalami komet alien ini, sebab potensial untuk memahami rahasia alam semesta. 

Astronom menuturkan, komet alien 21/Borisov merupakan objek alien kedua yang pernah terlacak oleh astronom. Bedanya, 21/Borisov merupakan objek antariksa pertama, berupa komet yang berlayar di Tata Surya kita dari tempat lain. 

Bagaimana astronom bisa melacak 21/Borisov? Ternyata astronom terniat lho, sebab mereka menciptakan program komputer spesial yang mencari informasi bagaimana cara komet baru muncul dari 'rumah' mereka. 

Nah, pada September lalu tuh, software buatan astronom itu mengeluarkan semacam alert yang menunjukkan ada pengunjung lain dari luar Tata Surya. 

Tahu nggak guys, astronom butuh waktu dua hari untuk mengambil gambar objek komet alien 21/Borisov lho. Dan tak lama, peneliti akhirnya mengonfirmasi objek yang dimaksud adalah komet pertama berkunjung dari luar Tata Surya. 

"Kami segera menyadari ekor dan komet familiar ini tak terlihat seputar Oumuamua. Ini benar-benar keren karena artinya ini pengunjung baru kita. Salah satunya mitologi dan komet antarbintang nyata yang belum pernah dilihat sebelumnya," jelas astronom dari Universitas Jagiellonian, Polandia Michael Drahus yang memimpin studi.

Saat ini astronom dan peneliti terus mengamati dan memelajari komet alien tersebut, untuk bisa mengungkap beberapa informasi yang tersembunyi.