Terancam Dirusak, Kabel Laut Palapa Ring Harus Dipelihara Semua Pihak

Palapa Ring
Sumber :
  • Mastel

VIVA – Sistem Komunikasi Kabel laut (SKKL) Palapa Ring baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Jaringan internet yang baru dibangun pemerintah itu harus dijaga agar memberikan kenyamanan yang hakiki untuk para pengguna internet di tanah air.

Sayangnya, proses pengelolaan dan perawatan SKKL kerap mendapat hambatan dari pihak yang tidak bertanggung jawab, atau yang tidak sengaja, bahkan yang tidak tahu pentingnya kabel laut tersebut dibentangkan. Oleh karena itu dirasa perlu untuk memberikan solusi dan edukasi mengenai fungsi strategis dari SKKL ini.

“Sosialisasi dan edukasi dilakukan agar setiap orang yang berada di sekitar jaringan SKKL memahami posisi kabel tersebut, yang menjadi infrastruktur strategis di Indonesia, Seperti Tol Langit atau SKKL Palapa Ring yang menegaskan pemerintah memiliki perhatian tinggi terhadap keberadaan SKKL karena perannya yang strategis untuk mewujudkan Indonesia sebagai Digital Paradise,” ujar Presiden Direktur Triasmitra Group, Titus Dondi, di Jakarta, Selasa, 14 Oktober 2019.

Dikatakan Titus, pihaknya memulai edukasi ke para agen dan pemilik maupun asosiasi yang bergerak di bidang perkapalan dan pelayaran. Pihak yang di edukasi baru mereka yang ada di Kepulauan Riau dan sekitarnya, yang terdaftar di KSOP Khusus Batam dan KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun.

“SKKL Palapa Ring yang dibangun pemerintah memiliki ketersambungan dengan wilayah perairan Kepulauan Riau dan Sekitarnya mengingat Batam menjadi gerbang internet Indonesia menuju Hub ke Singapura sebelum ke jaringan global,” ujar Titus.

Edukasi dan sosialisasi dirasa perlu karena masih ditemukan kapal-kapal yang melakukan aktivitas pelayaran di wilayah perairan Kepulauan Riau dan sekitarnya, salah lokasi “parkir” dan menyebabkan kerusakan jaringan SKKL di wilayah tersebut. 

“Ini kan bisa mengancam keberadaan Tol Langit yang kita banggakan. Apalagi kerusakan SKKL menimbulkan biaya yang besar untuk pemulihan, dan bisa  mengganggu koneksi jaringan internet di wilayah Kepulauan Riau maupun jaringan internet secara nasional, karena Kepulauan Riau khususnya Batam saat ini masih menjadi gerbang koneksi internet Indonesia dengan jaringan luar negeri,” kata Titus.

Palapa Ring merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional yang monitoring dan evaluasinya dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Triasmitra dipercaya sebagai managed service SKKL yang dibangun PT Palapa Ring Barat sebagai Pemenang tender Palapa Ring Barat.

Selain itu, Triasmitra juga mengoperasikan SKKL Jakarta-Surabaya atau Jayabaya Cable System, Jakarta – Bangka – Batam – Singapura (B2JS) Cable System, Surabaya – Denpasar Cable System (SDCS), Ultimate Java Backbone (UJB), dan DAMAI Cable System.