Sering Umbar Selfie? Hati-hati Bencana Mengintai Lho

4 Trik Mudah Tampil Keren Saat Berfoto Selfie Dengan Sekali Jepret
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Gaya hidup selfie makin sempurna dengan hadirnya kamera smartphone yang makin beresolusi tinggi. Tapi siapa sangka, kenikmatan itu menyimpan bahaya lho. Kok bisa sih?

Sudah dengar kan kasus pelecehan yang dialami bintang pop Jepang, Etna Matsuoka beberapa waktu lalu kan?. Gara-gara keseringan selfie dan pamer foto di media sosial dan internet, penggemarnya memata-matai, melacak lokasi rumahnya dan melecehkannya secara seksual. 

Dalam penyelidikan, pelaku pelecehan itu mengaku bisa menguntit Matsuoka melalui pantulan mata pada selfie dan foto-fotonya lho. Pelaku mengaku mengetahui lokasi rumah sang idola dengan petunjuk jendela dan sudut cahaya matahari pada foto yang diposting bintang pop Jepang tersebut. Kan ngeri kali ya guys

Pelaku menggunakan Google Street View untuk mencocokkan informasi pada foto dan akhirnya bisa mengetahui lokasi kediamannya. Gilak!

Insiden itu jadi perhatian banget lho guys bagi pemerhati teknologi dan privasi. Dan kita sebagai pengguna smartphone berisiko jadi korban stalker alias penguntit juga lho

Kan, saat ini rata-rata smartphone sudah dibekali dengan fitur kamera yang lebih tajam dan bening. Makanya fitur bagus itu bisa dimanfaatkan para penguntit. 

"Saat di mana kamu menggunakan media sosial untuk penyelidikan meluas, maka saya menduga kita akan melihat lebih banyak insiden seperti di atas," ujar pendiri situs investigasi berbasis media sosial, Bellingcat, Eliot Higgins dikutip dari laman The Washington Post, Kamis 17 Oktober 2019. 

Melihat risiko tersebut, Kepala Eksekutif agensi pemasaran influencer, Obviously, Mae Karwowski mengingatkan, kepada para influencer dan pesohor untuk tak latah mengumbar foto ke media sosial. Dia meminta influencer yang bekerja sama dengan perusahaannya, untuk menghindari memosting informasi real time dari sebuah momen. 

Postingan di media sosial bisa menunjukkan informasi lokasi meski tidak disertakan tagging pada postingan tersebut lho. Jadi jangan gegabah ya guys

Baca juga yuk: Putra Aktor Pemeran Tarzan Tikam Ibunya Hingga Tewas

Insiden yang menimpa Martsuoka menarik perhatian dari Kepala Pemasaran dan Pengembangan National Domestic Violance Hotlite, Amerika Serikat, Crystal Justice.  

Menurut data institusi tersebut, penyalahgunaan digital telah meningkat secara eksponensial sejak 2012. Korban dari penyalahgunaan digital ini umumnya melaporkan telah dilecehkan. 

"Teknologinya bukan masalah, tapi saat kita merancang teknologi, kita harus menimbang betul semua pengguna termasuk mereka yang memiliki niat paling mengerikan," ujarnya. 

Nah gitu guys ternyata bahaya pamer foto di media sosial. Tak ada salahnya lho kalau kamu lebih sadar dengan potensi negatif ini. Buat jaga-jaga ya guys