Kebal Reshuffle, Apa Saja Prestasi Chief RA?

Menkominfo, Rudiantara
Sumber :
  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari

VIVA – Kabinet Kerja Jokowi-JK akan segera berakhir. Termasuk, masa tugas Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. Ia merupakan salah satu menteri, yang tidak pernah terkena reshuffle.

Saat ditanya soal kinerja, pria yang akrab disapa Chief RA itu mengaku, tidak ingin mengklaim telah mengukir banyak prestasi.  

"Kalau kinerja, saya enggak boleh klaim, orang harus menilai," kata Rudiantara di rumah dinasnya, Jakarta, Jumat 18 Oktober 2019.

Berikut tiga pekerjaan yang dilakukan Kementerian Kominfo, selama dipimpin oleh Chief RA:

Adopsi Teknologi 4G

Rudiantara mengatakan, adopsi 4G dimulai dari 2015. Saat akhir 2014, dia menjelaskan bahwa banyak yang meragukan bisa cepat melaksanakan.

"Akhir 2014 Indonesia kan diragukan, paling cepat 2016-2017. Perkiraan begitu kan. Tapi Alhamdulillah, kerja sama dari teman-teman operator, terutama pada saat refarming, mereka mau berpindah tempat frekuensinya," kata dia.

Palapa Ring

Awal pekan ini, Presiden Joko Widodo meresmikan Palapa Ring. Chief RA mengatakan, proyek bisa diselesaikan, walaupun paket timur agak terlambat.

"Di Papua itu kota-kota pantainya menggunakan serat optik. Tapi di kota pegunungan tidak bisa pakai serat optik, harus pakai microwave," jelasnya.

Registrasi Prabayar

Rudiantara menjelaskan, jika kebijakan registrasi prabayar sudah dimulai sejak 2006. Kebijakan itu akhirnya baru bisa dilaksanakan, pada periode pemerintah 2014-2019.

"Belum 100 persen, belum sempurna, tapi sudah jalan 95 persen. Artinya, itu juga sesuatu kebijakan yang dampaknya bukan hanya pada industri seluler, tapi juga pada pihak keamanan dan sebagainya," ungkapnya.