Survei: Orang Lebih Percaya Huawei Dibanding Facebook, Nah Loh!

Logo Huawei.
Sumber :
  • Instagram/@karlo_kocis

VIVA – Kamu lebih milih Huawei atau Facebook guys? Ternyata berdasarkan survei dari perusahaan software open source communications, Open-Xchange, Huawei lebih dipercaya dibanding Facebook.

Dilansir dari laman The Gazette, Jumat 18 Oktober 2019, survei ini dilakukan untuk responden di Inggris ya guys. Hasil survei 73 persen responden mengakui kepercayaan mereka pada Facebook telah terkikis dalam dua tahun terakhir. Sekitar 33 persen responden mengatakan mereka ingin berhenti menggunakan layanan yang dimiliki Facebook. Hemm apa sebabnya ya guys?

Survei mengungkapkan dua pertiga dari 2000 responden atau 63 persen mengaku mereka tidak percaya platform besar misalnya Facebook Messenger dan WhatsApp. Usut punya usut, responden trauma dengan masalah privasi. 

"Risiko privasi terbesar hari ini adalah berasal dari penyedia platform pesan terbesar. Bisnis-bisnis ini pada dasarnya utilitas yang kami andalkan untuk personal dan komunikasi bisnis, namun untuk sebagian besar dari kami, kepercayaan pada perusahaan berada pada titik terendah," ujar Kepala Eksekutif Open-Xchange Rafael Laguna.

Dia menuturkan, dengan sejumlah populasi yang tidak memercayai aplikasi percakapan pada khususnya, diperlukan pendekatan baru lagi untuk pengiriman pesan instan. 

Laguna mengatakan, perusahaannya berencana merilis aplikasi pesan instan terbuka. Langkah ini dilakukan sebagai alternatif WhatsApp dan Facebook. 

Aplikasi tersebut, ujar Laguna, bisa ditautkan ke akun email penggunanya, serta memungkinkan mereka untuk transfer kontak dan riwayat pesan di antara platform. 

Facebook harus mendapatkan banyak masalah mengenai keamanan data, salah satunya skandal data pengguna bocor yang melibatkan firma Inggris, Cambridge Analytica.