Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 22 Oktober 2019 | 09:54 WIB

Ternyata, ISIS Bersarang di Tik Tok

Team VIVA »
Amal Nur Ngazis
Misrohatun Hasanah
Foto :
  • Yicai Global
Aplikasi TikTok, salah satu anak usaha Bytedance Technology.

VIVA – Islamic State atau ISIS dikabarkan bersarang di platform video pendek Tik Tok untuk melakukan rekrutmen. Platform pemantau media sosial, Storyful mengidentifikasi dua lusin akun terkait ISIS muncul di Tik Tok dan untungnya saat ini sudah dihapus. 

Dilansir dari situs The Verge, Selasa 22 Oktober 2018, akun tersebut memosting video untuk merekrut pengikut dan mendukung kelompok teroris, seperti menyertakan lagu kebangsaan, memosting mayat dan sampai aksi simpatisan ISIS. 

Baca Juga

Tidak jelas seberapa besar kehadiran ISIS di platform video pendek populer tersebut. Namun propoganda teroris di media sosial memang telah menjadi persoalan umum pada platform media sosial. 

Perusahaan teknologi seperti Google dan Facebook bahkan harus berbagi basis data citra teroris, yang secara otomatis menghapus konten terkait teroris secara daring. 

Terpopuler

Kedua perusahaan raksasa ini juga pernah menghadapi tuntutan hukum karena membiarkan kelompok teroris pada platform. Facebook telah menghapus 26 juta grup propoganda teroris secara global selama dua tahun terakhir. 

Induk Tik Tok, ByteDance belum menanggapi berapa banyak konten teroris yang ditemukan. Namun, menurut Storyful angkanya masih relatif kecil. 

Satu video yang berkaitan dengan propoganda teroris di Tik Tok, mendapat 68 like dan beberapa akun memiliki 1.000 pengikut. Belum jelas, apakah akun itu murni digunakan propoganda atau memang sudah populer sebelumnya. 

Topik Terkait
Saksikan Juga
Nyinyir di Medsos, ASN Dipecat
TVONE NEWS - 14 hari lalu