Ini Rencana Menkominfo untuk Ibu Kota Baru

Sesar-sesar aktif mengepung calon ibu kota baru di Kalimantan Timur
Sumber :
  • Twitter/@marufins/PusGen Balitbang Kementerian PUPR 2017

VIVA – Kementerian Komunikasi  dan Informatika atau Kominfo mengaku sudah memiliki tim di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) untuk membahas masalah Ibu Kota baru. 

"Yang kami siapkan adalah infrastruktur telekomunikasi prima di sana, jadi kita akan layani yang terbaik," kata Direktur Jenderal Pos dan Penyelenggaraan Informatika (PPI), Kalamullah Ramli di Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin, 28 Oktober 2019.

Pengaturannya juga akan lebih mudah karena arahnya seperti ke apartemen, bukan seperti rumah, sehingga pemasangan BTS akan lebih mudah daripada memasang tower. 

Sedangkan nanti, tower tidak akan terlalu banyak dibutuhkan di perkotaan, karena nantinya akan lebih banyak di atas gedung.

Menteri Kominfo, Johnny G. Plate juga memastikan hadirnya Palapa Ring khusus Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara. Tapi tidak hanya serat optik, pemerintah juga sudah membicarakan coverage-nya, melalui BTS atau satelit.

"Kita pastikan smart city ada di Ibu Kota yang baru. Kita akan mengambil bagian agar Ibu Kota baru betul-betul padat teknologi informasi, menjadi kota yang cerdas," ujarnya. 

Rencana Palapa Ring khusus Ibu Kota baru memang sudah disampaikan oleh mantan Menkominfo, Rudiantara sejak Joko Widodo mengumumkan pemindahan Ibu Kota baru. Artinya, Johnny akan melanjutkan apa yang diinisiasi oleh Rudiantara.