Hore, Keamanan Sensor Sidik Jari WhatsApp Resmi Hadir di Android

Aplikasi chatting WhatsApp.
Sumber :
  • Viva.co.id/Novina

VIVA – Aplikasi pesan instan WhatsApp baru saja merilis sensor sidik jari di Android, setelah awal tahun ini merilis keamanan biometrik untuk pengguna iOS.

Dikutip dari laman The Verge, Jumat, 1 November 2019, mengaktifkan fitur sidik jari di WhatsApp artinya Kamu harus menggunakan sidik jari untuk membuka kunci aplikasi. Bahkan setelah membuka kunci ponsel.

Tingkat keamanan ekstra ini mirip dengan apa yang mungkin sering kita temukan di aplikasi perbankan. Pembaruan belum merata di semua wilayah, namun begitu aplikasi diperbarui, pengguna bisa langsung menggunakannya.

Cara mengaktifkannya adalah melalui pengaturan Privasi pada aplikasi. Kemudian ada beberapa opsi agar aplikasi tidak terkunci selama satu sampai 30 menit setelah pengguna membuka aplikasi.

Selain sensor sidik jari, platform juga mengizinkan pengguna untuk mengatur pesan agar tidak terlihat di layar pemberitahuan.

WhatsApp yang dibentengi sensor sidik jari sebenarnya bukan hal yang terlalu mengejutkan. Pasalnya fitur ini pernah dibocorkan oleh WABetaInfo, sedang diuji versi beta pada Agustus lalu.

Untuk di iOS fitur ini mendukung Touch ID dan Face ID, sedangkan Android terbatas hanya untuk sidik jari karena tidak ada penyebutan sensor wajah dalam pengumuman yang diberikan WhatsApp.