Duh WhatsApp Punya Celah Dibajak dari Jarak Jauh, tapi Ada Untungnya

Aplikasi WhatsApp.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Diam-diam WhatsApp memiliki celah keamanan berbahaya lho. Beberapa waktu lalu ada celah yang mana memungkinkan WhatsApp kamu dibajak cuma melalui video MP4. 

Parahnya lagi, video MP4 yang dikirim penjahat siber bisa menjadi pintu masuk untuk eksekusi dari jarak jauh atau remote code execution atau serangan mematikan Denial of Service (DoS). 

Tapi untungnya, Facebook telah menambal celah keamanan tersebut. Juru bicara WhatsApp mengatakan kepada Threatpost, dikutip Selasa 19 November 2019, sejauh ini tak ada bukti kerentanan keamanan itu tereksploitasi secara liar kepada publik dan pengguna. Juru bicara tersebut mengungkapkan celah keamanan itu diidentifikasi oleh tim internal WhatsApp. 

"WhatsApp sangat peduli dengan privasi pengguna kami dan kami terus bekerja untuk meningkatkan keamanan layanan kami," jelas juru bicara WhatsApp. 

WhatsApp mengatakan, mereka merespons dengan cepat laporan dari publik dan pengguna serta sigap menyelesaikan masalah yang terjadi dengan cara yang terbaik. 

"Pada kasus ini tidak ada alasan untuk meyakinkan pengguna bahwa mereka terdampak," tuturnya.

Celah keamanan tersebut berdampak pada WhatsApp Android di bawah versi 2.19.274, untuk iOS versi sebelum 2.19.100, versi Enterprise Client sebelum 2.25.3, Windows Phone versi sebelum dan 2.18.368, WhatsApp Business Android versi sebelum 2.19.104, dan WhatsApp Business iOS versi sebelum 2.19.100. WhatsApp menyarankan pengguna untuk membarui aplikasi WhatsApp mereka ke versi terbaru supaya terlindungi dari potensi celah keamanan.