Kota Ini Rekrut Anggota Kepolisian Baru, Robot Anjing

Spot, robot anjing buatan Boston Dynamics
Sumber :
  • PCMag.com

VIVA – Kepolisian di wilayah Massachusetts baru saja merekrut anggota baru di departemennya. Dia adalah seekor robot berbentuk anjing yang bisa membantu petugas menjalankan tugas yang bertaruh nyawa.

Anjing rekayasa itu dibuat oleh Boston Dynamics dengan nama Spot. Spot merupakan seekor robot empat kaki yang bisa berjalan dan beraksi layaknya anjing. Perusahaan itu memang telah membuka bisnis penyewaan robot tersebut ke beberapa institusi, termasuk penegak hukum.

Rupanya Spot cukup menarik perhatian. Aksinya dianggap berpotensi untuk bisa membantuk penegak hukum melawan kejahatan. Pada Agustus lalu, BD mulai menyewakan sebuah Spot ke kepolisian lokal untuk ditugaskan di divisi penjinak bom.

Selang tiga bulan sejak digunakan oleh kepolisian, banyak orang yang justru khawatir jika Spot disalahgunakan. Mereka menyebut jika Spot berpotensi untuk dipersenjatai dan melakukan hal yang buruk.

Dilansir melalui PC Mag, Selasa, 26 November 2019, Spot dikabarkan telah digunakan untuk membantu kepolisian dalam kejadian nyata. Ini dilakukan dalam posisi uji coba. Kala itu, Spot digunakan sebagai perangkat observasi jarak jauh. Spot ditugaskan untuk mengambil gambar dalam kondisi berbahaya. Ini membuat anggota polisi berada di jarak yang aman dan meminimalisir jatuhnya korban.

Menurut BD, Spot tidak hanya bisa berjalan naik turun tangga tapi juga bisa membuka pintu dan mengambil barang jika dibekali dengan lengan robotik. Spot juga bisa berdiri dan tetap tegar walau mendapat kekerasan fisik.

BD menegaskan jika perusahaan membuat perangkat robot yang jauh dari pola kekerasan. Sistem yang dibangun dalam Spot dibuat untuk tidak melukai manusia.

“Kami membuat Spot dalam skala kecil sehingga kami cukup dekat dengan konsumen sehingga bisa memantau Spot. Kami yakin menjual ke pihak yang tepat, dengan visi dan misi yang sama dengan kami,” ujar Michael Perry, VP Boston Dynamics.