Adu Rap Prabowo Vs Jokowi Jadi Trending YouTube 2019

Adu rap 'Prabowo vs Jokowi'
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Memasuki bulan terakhir tahun 2019, YouTube merilis #YouTubeRewind. Kali ini daftar yang mereka rilis adalah video paling trending yang menarik perhatian masyarakat Indonesia.

Dari rilis resmi, Minggu, 8 Desember 2019, konten trending pada tahun lalu diisi oleh video edutainment dan lagu cover lokal. Sedangkan tahun ini trennya sudah berubah, yakni top video diisi konten positif yang kreatif, membuat penontonnya bisa tertawa, menangis, menari dan merasa senang.

Video yang paling trending adalah 'Prabowo VS Jokowi - Epic Rap Battles of Predisency' karya dari saluran Skinnyindonesian24. Konten ini sudah ditonton hampir 40,3 juta kali, disukai 1,7 juta dan dikomentari 125 ribu.

Video berdurasi 5 menit 30 detik itu merupakan jenis konten musik battle rap atau adu rap dengan tokoh utama Jovial da Lopez dan Andovi Da Lopez. Video ini tayang pada 8 April 2019, sebelum pemilihan presiden (pilpres) yang dihelat pada 17 April 2019. Dalam keterangan video, dikatakan bahwa kontennya terinspirasi dari saluran Nice Peter dan EpicLLOYD.

"Ini adalah video yang menyenangkan, tidak dianggap serius oleh siapa pun terutama orang Indonesia. Selamat menikmati dan semoga kita memiliki proses pemilihan yang luar biasa. Ini sama sekali bukan kampanye politik dalam bentuk apa pun," bunyi keterangan video.

Video paling trending berikutnya adalah Kartun Lucu - Kisah Aneh saat Berkemah!. Sementara posisi ketiga berasal dari saluran Arif Muhammad, Tingkah Laku Beti di Puasa Pertama.

Sedangkan untuk kategori video musik paling trending di Indonesia dipimpin oleh Andmesh Kamaleng - Cinta Luar Biasa, Gen Halilintar - Ziggy Zagga, dan Blackpink - 'Kill This Love' M/V.