Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 9 Desember 2019 | 14:11 WIB

China Bikin Babi Setengah Monyet, Begini Wujudnya Guys!

Team VIVA »
Amal Nur Ngazis
Foto :
  • www.9news.com.au/Tan Hai
Babi ber-DNA monyet hasil ciptaan ilmuwan China

VIVA – Kamu pernah membayangkan dua hewan beda jenis disatukan. Bakal seperti apa ya? Nah, ilmuwan China ini sudah melakukannya guys. Peneliti Negeri Tirai Bambu ini mencoba hibrida babi monyet. Mereka menyuntikkan embrio monyet pada embrio babi setelah lima hari pembuahan.

Hibrida monyet-babi ini sukses menumbuhkan embrio monyet pada hewan tersebut. Pada bayi babi yang baru lahir, peneliti menemukan babi memiliki DNA monyet pada jantung, limpa, paru-paru dan kulitnya lho.

Baca Juga

Dikutip laman The Independent, Senin 9 Desember 2019, peneliti menanamkan lebih dari 4 ribu embrio monyet kepada babi dengan menggunakan skema in vitro.

Dalam penelitian ini, tim ilmuwan dari State Key Laboratory of Stem Cell and Reproductive Biology di Beijing memodifikasi sel monyet supaya bisa dilacak sel dan turunannya. Dengan pelacakan ini diharapkan membantu ilmuwan, untuk memantau sejauh mana an sebanyak apa embrio yang tumbuh di tubuh babi.   

Terpopuler

Dalam percobaan ini 10 babi yang baru lahir, dua di antaranya sukses memiliki embrio monyet. Tapi sayangnya, babi hasil hibrida monyet ini cuma bisa bertahan selama sepekan saja, sebab setelah itu mati. 

Ilmuwan tak patah semangat. Tim ilmuwan tersebut ingin mengulangi percobaan dengan menciptakan hewan hibrida yang lebih sehat dan punya konsentrasi DNA Monyet yang lebih tinggi. 

Kalau itu berjalan mulus, ilmuwan meyakini mereka nanti bisa mereproduksi hewan dengan organ yang cuma mengandung DNA monyet. 

Hasil penelitian ini telah diterbitkan dalam jurnal Protein and Cell. Ilmuwan yakin hasil eksperimen ini bisa membuat tim satu langkah lebih dekat, untuk memproduksi sel dan organ fungsional pada hewan yang berukuran besar. 

Nantinya ilmuwan juga berharap hewan hasil hibrida ini bisa dipakai untuk menumbuhkan organ manusia untuk kepentingan transplantasi. Bagaimana menurutmu babi setengah monyet tersebut?

Topik Terkait
Saksikan Juga
Kera Hitam Peliharaan Warga Lepas dan Lukai Pemiliknya
TVONE NEWS - sekitar 1 bulan lalu