Panduan Mengaktifkan eSIM di iPhone 11

iPhone 11 Pro.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA – Beberapa hari yang lalu, iPhone 11 resmi hadir di Tanah Air. Mungkin belum banyak yang tahu, bahwa saat ini perangkat iPhone bisa menggunakan lebih dari satu SIM. Satu slot bisa digunakan dalam format fisik, dan lainnya dalam bentuk embedded SIM card (eSIM).

"eSIM sebelumnya hanya bisa digunakan di seri iPhone X, saat ini kami promosikan kembali di iPhone 11. Kami harap, bisa menambah 100-200 ribu pengguna baru," kata Deputy CEO Smartfren, Djoko Tata Ibrahim di Jakarta Pusat, Senin 9 Desember 2019.

Saat ini, satu-satunya layanan telekomunikasi yang sudah menyediakan eSIM baru Smartfren saja, dan perangkat yang sudah mendukung teknologi tersebut baru iPhone.

eSIM Smartfren dibanderol dengan harga Rp180 ribu, dengan keuntungan kuota hingga 90 GB selama setahun. Pengguna juga mendapat gratis menelepon 30 menit ke operator lain, dan telepon sepuasnya ke sesama.

Langkah pertama mengaktifannya, adalah dengan menghubungkan terlebih dahulu iPhone yang sudah mendukung eSIM dengan internet. Bisa dengan jaringan WiFi, atau dengan kartu SIM fisik.

Kemudian, buka Settings, pilih Cellular dan Add Cellular. Setelah itu, pengguna akan diminta memindai QRcode. Lakukan pemindaian kode yang tersedia di kartu perdana eSIM Smartfren.

Tunggu sesaat, dan perangkat akan terhubung dengan server. Jika berhasil, akan ada notifikasi 'A cellular plan from Smartfren is ready to be added to iPhone'.

Lalu, pilih tombol add cellular plan di bagian bawah. Tunggu sampai proses aktivasi device ke jaringan selesai.

Jika sudah aktif, sinyal akan terlihat di pojok kiri atas. Kemudian, lakukan registrasi ke 4444. Jika sudah, iPhone siap untuk digunakan.