Tips Jitu Anti Tipu Promo dan Diskon saat Harbolnas

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2018.
Sumber :
  • VIVA/Diza Liane Sahputri

VIVA – Barangkali kamu kadang kalap saat berbelanja online, terlebih di momen Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas, yang rutin dilaksanakan setiap akhir tahun. Gimana enggak ngebet ya, banyak promo dan diskon yang ditawarkan.

Untuk mengantisipasi hasrat belanja, portal diskon CupoNation, Rabu 11 Desember 2019 memberi sejumlah tips agar kamu tidak tergiur dan tertipu dengan potongan harga serta promo yang ditawarkan. Jadi kamu bisa belanja tanpa khawatir bangkrut gitu.

Pasang alarm

Jangan lupa pasang alarm agar kamu tidak lupa untuk ikut gelaran ini. Di tengah padatnya rutinitas dan pekerjaan, hal seperti ini sering juga terlupakan. Pengingat ini juga membuat kamu berpeluang mendapat harga yang paling terbaik.

Preview dan wishlist

Jangan kalap jika melihat harga miring. Pasalnya kamu juga harus mengulasan barang di internet untuk tahu apakah nantinya barang itu cocok atau bisa berguna buat kamu.

Kemudian lakukan juga wishlist, agar kamu tidak kalap dan bisa fokus dalam membeli barang-barang yang dibutuhkan. Fitur ini juga bermanfaat untuk memantau harga saat sebelum dan saat Harbolnas berlangsung.

Pantau promo dari tengah malam

Puncak perayaan biasanya terjadi di pukul 00:00, yang mana kamu bisa mendapat penawaran terbaik dengan jumlah barang yang terbatas. Sangat disarankan untuk memasang pengingat di pukul 00:00.

Dilengkapi sistem retur

Salah satu kekurangan belanja online adalah pembeli tidak bisa secara langsung mengecek barang. Pastikan toko online tersebut dilengkapi sistem retur, sehingga kamu bisa mengembalikan barang yang dibeli jika tidak sesuai harapan.

Sistem ini akan membuat pembeli mendapat ganti produk atau malah pengembalian uang. Ada beberapa platform e-commerce yang sudah dilengkapi sistem retur, di antaranya adalah Lazada, Shopee dan Tokopedia.

Batasi transaksi

Agar tidak kalap berbelanja, lakukan batasan transaksi di kartu ATM atau online banking. Jika jumlah nominal sudah mencapai batas, kamu harus segera berhenti dari aktivitas belanja online. Maka kamu bisa terselamatkan dari kebangkrutan.

Cek ulang

Jangan lupa untuk cek belanjaan sebelum bayar. Daripada mubazir, hapus barang yang benar-benar tidak kita butuhkan. Hal ini akan membantu kamu lebih cermat lagi dalam berbelanja dan tidak membuang uang untuk barang yang tidak dibutuhkan.

Teliti promo

Pantau juga promo dari beberapa situs yang menyediakan daftar promo. Biasanya platform-platform tersebut akan menawarkan kode promo eksklusif atau cashback.

Adapun situs berhemat yang langsung memberikan potongan harga pada saat check out seperti CupoNation dan dalam bentuk cashback seperti Shopback. Selamat berbelanja ya!