Tahun Baru, Ponsel Jadul Gak Bisa Lagi Pakai WhatsApp

Fitur Terbaru WhatsApp
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ada berita buruk untuk pengguna smartphone jadul alias keluaran lama di tahun baru ini. Aplikasi WhatsApp di ponsel-ponsel itu segera tidak bisa menggunakan WhatsApp lagi, nih. 

Kebijakan WhatsApp ini karena pihak aplikasi mengatakan berhenti mendukung sistem operasi yang sudah berusia lama itu. Mulai dari Windows Phone, Android, dan iOS kena imbas dari kebijakan ini. 

Pertama yang perlu bersiap-siap adalah pengguna  Windows Phone, sistem operasi ini segera dimatikan pada akhir tahun. Sedangkan untuk sistem operasi Android dan iOS masih bisa hidup hingga Februari tahun depan.

Jadi, bagi para pengguna Android versi 2.3.7, iPhone dengan iOS 8 ataupun lebih tua lagi masih bisa menggunakan WhatsApp hingga 1 Februari 2020 mendatang, dilansir laman Channel News Asia, Minggu, 15 Desember 2019. 

Untuk pengguna dengan sistem operasi tersebut nantinya tidak akan bisa membuat akun baru. Termasuk juga me-verifikasi akun yang sudah ada pasca Februari tahun depan. 

Selain itu mereka yang terdampak ini juga tidak bisa menggunakan sejumlah fitur lagi dalam waktu dekat. Pihak WhatsApp juga telah mengonfirmasi bahwa mereka tidak akan secara aktif lagi mengembangkan aplikasi pada OS-OS jadul tersebut. 

"Karena Kami tidak lagi secara aktif mengembangkan sistem operasi tersebut, sejumlah fitur kemungkinan akan berhenti berfungsi kapanpun," kata pihak WhatsApp. 

WhatsApp masih akan mendukung pengoperasian aplikasinya pada ponsel Android yang menjalankan OS 4.0.3+. Nasib yang sama juga diterima pada iPhone dengan iOS 9+ dan sejumlah ponsel dengan KaiOS 2.5.1+ termasuk pada JioPhone dan JioPhone 2.