Kacamata Gerhana Matahari Kamu Aman untuk Mata? Ini Cara Ngeceknya

Warga mencoba kacamatan Gerhana Matahari yang dijual pedagang, Sabtu (5/3/2016)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rahmad

VIVA – Catat dalam agendamu ya guys! 26 Desember 2019 Indonesia bersiap bisa melihat langsung Gerhana Matahari Cincin. Biar aman melihat aktivitas itu, memang diharuskan menggunakan perantara yaitu kacamata

Namun perlu diperhatikan pemilihan kacamata tersebut, supaya mata tetap terjaga aman saat melihat gerhana matahari. Dengan berbagai macam kacamata gerhana matahari yang tersedia sekarang, ada cara mudah untuk melihat produk yang terbaik.

Seperti dikutip dari laman gerhanamatahari.id, Minggu 15 Desember 2019, hanya dibutuhkan lampu flash light yang ada di ponsel. Cuma gitu aja ya?

Gini, caranya kamu cukup menempelkan lampu itu ke kacamata Gerhana Matahari. Bila tidak melihat seberkas cahaya apa pun pada kacamata, artinya produk kacamata itu aman digunakan melihat Gerhana Matahari. 

Bagian paling penting dari kacamata Gerhana Matahari yaitu film, harus bisa memfilter semua cahaya spektrum Ultra Violet yang tidak terlihat namun sangat berbahaya. 

Dari film kacamata itu harus bisa memfilter hingga 99,99 persen spektrum cahaya yang tampak. Jadi hanya tersisa sedikit cahaya kuning kemerahan untuk pengamatan saat gerhana. 

Memang pada akhirnya, film pada kacamata itu menjadi sangat penting untuk melindungi mata manusia. Tidak bisa juga menggunakan alat perantara lain yang tidak bisa filter ultra violet secara keseluruhan. 

Beberapa alat yang tidak bisa digunakan adalah film rontgen dan kacamata las. Keduanya tidak didesain bisa memotong cahaya dengan spektrum ultra violet, namun hanya untuk cahaya yang terlihat saja.