Catat, 6 Layanan GoLife akan Hilang di Tahun Depan

Lobi kantor Gojek.
Sumber :
  • Dokumen Gojek

VIVA – Gojek mengumumkan akan menghapus enam layanan GoLife secara bertahap. Alasannya karena pesaing Grab itu ingin fokus pada layanan yang lebih banyak diminati konsumen. Keenam layanan yang akan dihapus adalah GoGlam, GoFix, GoAuto, GoDaily, GoLaundry, dan Service Marketplace.

Menurut Head of GoLife, Wesly Simatupang, layanan GoLaundry dan GoDaily akan beroperasi hingga 31 Desember 2019. Sedangkan, layanan GoFix, GoGlam dan Service Marketplace, akan beroperasi hingga pertengahan Januari 2020.

"Pengkajian dan pemfokusan ulang perlu dilakukan supaya pertumbuhan usaha terus berkesinambungan. Kami juga memastikan konsumen tetap dapat menikmati layanan maksimal dari ekosistem GoLife," ujarnya di Jakarta, Rabu, 18 Desember 2019.

Wesly melanjutkan, kontribusi layanan GoClean dan GoMassage mencapai hampir 90 persen dari total order di dalam ekosistem GoLife. Artinya, di luar layanan itu, order lainnya jauh lebih sedikit. Ia juga mengaku telah memikirkan nasib mitra yang layanannya terhapus.

"Kami membantu para mitra mencari penghasilan lain. Mulai dari bergabung sebagai mitra GoRide dan GoCourier, rekan usaha GoPay, GoTix, hingga mitra Usaha Mapan," jelas dia.

Wesley juga mengaku memberikan pelatihan dan modal awal bagi mitra yang bergabung dengan Usaha Mapan. Lalu, memfasilitasi para mitra untuk menghadiri Bursa Kerja Mandiri yang diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan.

"Alhamdulillah mendapat sambutan yang sangat baik dari para mitra," katanya. Ia berharap seluruh langkah ini dapat memberikan peluang bagi para mitra untuk mendapat penghasilan tambahan di luar dari penghasilan utama mereka sehari-hari.