Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 15 Januari 2020 | 05:15 WIB

2 Jurus Gojek Tekan Maraknya Kasus 'Mama Minta Pulsa'

Team VIVA »
Lazuardhi Utama
Novina Putri Bestari
Foto :
  • The Straits Times
Gojek.

VIVA – Kasus penipuan dan perampasan saldo Gopay kerap terjadi. Salah satunya akun Gojek milik artis Maia Estianty yang diambil alih pelaku, termasuk pemindahan seluruh data pribadi miliknya.

Vice President Corporate Affairs Gojek, Michael Say, mengatakan ada dua hal yang akan dilakukan. Pertama, ada pengembangan dari sisi teknologi dan diumumkan kepada publik tidak lama lagi.

Baca Juga

"Khususnya untuk memitigasi atau meminimalir terjadinya social engineering di dalam aplikasi kami," kata Michael di Jakarta, Selasa, 14 Januari 2020.

Social Engineering, dikatakan Michael, adalah sebutan terhadap kasus-kasus fraud bersifat memanipulasi psikologi. Salah satu contoh adalah kasus 'Mama Minta Pulsa'.

Terpopuler

Kedua, yang akan dilakukan Gojek adalah edukasi, terutama soal One Time Password atau OTP, akan dilakukan secara mendalam. Ia menjelaskan bahwa OTP itu seperti PIN di ATM, atau benar-benar personal yang hanya bisa digunakan oleh penggunanya sendiri.

"Not even Gojek sekalipun. Jadi mirip kartu kredit ada nomor pengamannya di belakang kartu. Bahkan, balasan SMS kami pun cukup jelas kalau dapat OTP, tolong, jangan dibagi ke siapa-siapa," tegas Michael.

Untuk kasus-kasus penipuan sebelumnya, ia mengatakan selalu melakukan pendampingan. Hal ini dilakukan saat melakukan pelaporan ke polisi akibat kasus penipuan tersebut.

Michael juga mengingatkan pada para pengguna untuk tidak melakukan transaksi di luar aplikasi Gojek, walaupun ada permintaan. Ia mengatakan jika Gojek tidak akan melakukan transaksi apapun di luar aplikasinya.

"Kalau misalnya ada yang telepon terus bilang duitnya kurang, maka kami sangat tidak menyarankan itu terjadi. Jadi kalau memang misalnya ada oknum yang menelepon mengatasnamakan 'bu tolong transfer ke virtual account ini', jangan diladeni. Kami tidak akan melakukan transaksi di luar aplikasi kami," kata Michael.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Bos Taksi Malaysia: Indonesia di Hati Saya
TVONE NEWS - 6 bulan lalu