WhatsApp Alami Gangguan, Pengguna 'Lari' ke Twitter

Aplikasi whatsapp
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Aplikasi pesan instan WhatsApp mengalami gangguan alias down sejak Minggu sore, 19 Januari 2020. Pengguna kesulitan untuk meng-upload dan mengirim gambar, video, dan juga stiker.

Tim VIVA Digital mencoba untuk mengirim foto dan video melalui aplikasi WhatsApp, tapi tidak terkirim. Begitu pula dengan stiker.

Pada masing-masing unggahan yang dikirimkan, VIVA Digital diminta untuk mengulangi kiriman pesan-pesan tersebut. Tagar #whatsappdown juga langsung bertengger di puncak trending topic Twitter.

Sejumlah pengguna melaporkan jika WhatsApp mengalami masalah untuk mengirimkan gambar/video/file. Gangguan ini terjadi baik pada versi mobile maupun website/situs.

Banyak pengguna juga yang mengaku langsung  berlarian menuju Twitter untuk mencari tahu mengapa WhatsApp mereka tidak bisa digunakan seperti biasa. Warganet juga ada yang mengatakan akhirnya membuka Twitter untuk memastikan aplikasi pengiriman pesan itu benar down atau tidak.

Dari laman Down Detector, pada pukul 19.00 malam jumlah laporan WhatsApp down mengalami peningkatan tajam mencapai 812 laporan. Laporan dimulai sekitar pukul 17.47 lalu.

Masalah yang dilaporkan terbanyak adalah soal koneksi, serta juga ada laporan penerima pesan dan last seen. Indonesia menjadi salah satu negara yang mengalami kesulitan mengakses fitur di WhatsApp tersebut. Selain itu juga terdapat Malaysia, India, dan beberapa negara di Eropa.