Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 17 Februari 2020 | 16:37 WIB

Guyonan Warganet Terkabul, Bayar SPP Bisa Pakai Gopay

Team VIVA »
Lazuardhi Utama
Misrohatun Hasanah
Foto :
  • VIVA/Novina Putri Bestari
Gopay

VIVA – Meme Nadiem Makarim yang kala itu didapuk jadi menteri pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) soal SPP yang bisa dibayar menggunakan Gopay, salah satu anak usaha Gojek, melalui QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) kini bukan lagi sekadar meme.

Kompetitor Grab ini baru saja mengumumkan bahwa SPP dan biaya pendidikan lainnya kini bisa dibayar melalui Gopay. Dalam keterangan resminya, Senin, 17 Februari 2020, hingga saat ini sudah ada 180 lembaga pendidikan bergabung yang terdiri dari pesantren, madrasah, sekolah, dan tempat kursus.

Baca Juga

Hal ini sejalan dengan strategi Gopay untuk menjadi dompet digital terdepan. Senior Vice President Sales Gopay, Arno Tse menjelaskan, sebagai uang elektronik yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, Gopay terus meningkatkan loyalitas pengguna dengan selalu menawarkan kemudahan dan kebebasan dalam bertransaksi.

Mulai dari membayar berbagai layanan Gojek, tagihan, pajak, hingga donasi. "Layanan terbaru ini membebaskan orangtua dan wali murid untuk membayar pendidikan anak di mana saja dan kapan saja tanpa harus hadir ke sekolah," kata Arno.

Terpopuler

Ia melanjutkan, orangtua yang sibuk dapat fokus dengan kepentingan lain seperti pekerjaan tanpa khawatir akan melewatkan tenggat pembayaran. Cara penggunaannya adalah dengan membuka aplikasi Gojek, kemudian pilih GoBills dan cari kategori sekolah.

Lalu, pilih instansi pendidikan, kemudian masukkan Nomor Induk Siswa (NIS). Pastikan jumlah tagihan benar dan saldo Gopay mencukupi, kemudian input pin dan tunggu sampai ada notifikasi pembayaran berhasil.

“Selain memudahkan para orangtua, lembaga pendidikan yang tergabung juga ikut merasakan manfaat transaksi digital, di antaranya penerimaan iuran yang jelas dan pencatatan transaksi yang lebih rapi dan teratur," tuturnya,

Arno pun berharap dapat menjangkau lebih banyak lagi lembaga pendidikan di seluruh Indonesia untuk menerapkan pembayaran digital. GoBills sendiri sudah diluncurkan sejak 2017.

Hingga saat ini layanan tersebut telah berkembang, memberi kemudahan kepada pengguna untuk membayar berbagai macam tagihan, seperti air, listrik, pulsa, BPJS kesehatan, internet, TV kabel, asuransi, pajak dan zakat.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Bos Taksi Malaysia: Indonesia di Hati Saya
TVONE NEWS - 7 bulan lalu