Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 18 Februari 2020 | 07:20 WIB

Bayar SPP Pakai Gopay, Warganet Tuduh Nadiem Makarim 'Korupsi' Jabatan

Team VIVA »
Lazuardhi Utama
Misrohatun Hasanah
Foto :
Mendikbud Nadiem Makarim di Seminar Nasional & Science Fair 2020.

VIVA – Anak usaha Gojek, Gopay, kini sudah bisa dipakai untuk membayar Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP). Warganet pun menuduh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim telah menyalahgunakan wewenang atau 'korupsi' jabatan.

Hal ini menjadi perdebatan sengit antar warganet di media sosial Twitter, seperti diolah VIVA, Senin, 17 Februari 2020. Mereka menuduh Nadiem menggunakan jabatannya untuk memperkaya Gojek dengan memanfaatkan bayar SPP menggunakan dompet digital Gopay.

Baca Juga

"Kalo nadiem masih ada di structure, atau bahkan pemegang saham, g boleh dong semudah ini..minimal hrs ada proses tender why gopay..kan banyak payment gateway yg lain? Klo langsung2 penunjukan gini nepotism ini...blm tau kita didalamnya ada kolusi apa korupsi...," tulis akun Twitter @dpf111.

Sedangkan warganet lainnya, @adityanura mengatakan, "Politik Nadiem. Untung pake Grab sama Ovo bukan gojek sama Gopay," ujarnya. Dalam keterangan resminya, sejak awal 2019, Gopay telah menjadi uang elektronik pertama yang membangun ekosistem nontunai di 50 sekolah menengah kejuruan (SMK) di Jakarta Utara.

Artinya, program ini sudah berjalan sebelum Nadiem menjabat sebagai mendikbud. Sedangkan, pendiri Gojek tersebut dilantik menjadi orang nomor satu di Kemendibud pada 23 Oktober 2019.

Sedangkan saat ini sudah ada sekitar 180 lembaga pendidikan yang tergabung dalam fitur GoBills, di mana para orang tua bisa membayar SPP dan kebutuhan lain anaknya melalui aplikasi Gojek dan tidak perlu repot datang ke sekolah.

"Awal 2019, sebelum Nadiem jadi Mendikbud, sudah 50 SMK di Jakarta Utara yg membuat ekosistem non-tunai dg Gopay. Lucu, yg nggak ngerti malah bilang Nadiem cari untung," ujar @Aldiasman.

"Bayar spp lewat gopay sudah ada kaleeeas sblum nadiem menjabat...tp baru sedikit yg pakai," kata akun @angrab.

Ada juga warganet yang tidak memedulikan perdebatan tersebut, ia malah menciptakan lawakan baru. "Kalo Nadiem besok jadi menteri agama, jangan jangan mas kawin gue besok ditransfer suami gue lewat gopay, biar cash back 30%," ujar akun indahwdyanti.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Mendikbud Klarifikasi Bayar SPP Pakai GoPay
TVONE NEWS - sekitar 1 bulan lalu