Adu Kuat Realme C3 vs Redmi 8 di Pasar Ponsel Pemula, Siapa Unggul?

Realme C3.
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Kerasnya persaingan pasar ponsel pintar atau smartphone di Indonesia tidak hanya di segmen atas dan menengah, tapi juga entry-level. Dikenal juga sebagai kelas pemula, segmen ini selalu menghadirkan kejutan.

Berdasarkan data riset pasar IDC bahwa segmen pasar ponsel terbagi menjadi empat kategori, yakni ultra low-end di bawah US$100 (di bawah Rp1,4 juta), low-end antara US$100-200 (Rp1,4 juta hingga Rp2,8 juta), mid-range berkisar US$200-400 (Rp2,8 juta sampai Rp5,6 juta), dan terakhir, high-end di atas US$400 (lebih dari Rp5,6 juta).

Bagaikan sebuah medan pertempuran, banyak vendor atau produsen smartphone yang merilis produk andalannya di segmen yang memiliki rentang harga Rp1,4 juta hingga Rp2,5 juta. Segmen ini juga menjadi perhatian khusus bagi Realme yang baru saja merilis Realme C3 pada Rabu, 20 Februari 2020.

Smartphone yang memiliki slogan “Triple Camera, Game Monster” ini membawa beberapa fitur unggulan, seperti chipset Helio G70, baterai 5.000mAh, dan Triple Rear Camera.

Di segmen ini, Realme C3 akan bersaing dengan beberapa ponsel, salah satunya Redmi 8. Keduanya membawa beberapa spesifikasi khas ponsel kelas pemula. VIVA Digital berkesempatan membedah kedua ponsel ini, manakah yang pantas unggul di segmen pemula? Simak perbandingannya:

Desain

Redmi 8.

Desain Realme C3 terbilang unik karena terinspirasi oleh kekuatan dan harapan sinar Matahari terbit. Dinamakan New Sunrise, karena bodi belakangnya menampilkan permukaan anti-sidik jari, yang membuat ponsel lebih mudah dipegang, mencegah goresan dan sidik jari yang tidak diinginkan.

Jika diperhatikan, bagian belakang Realme C3 memiliki guratan-guratan indah jika terkena cahaya. Sementara bodi Redmi 8 juga terlihat menarik karena dilapisi warna glossy cantik. Sayangnya, bodi belakangnya cenderung meninggalkan jejak sidik jari saat dipegang.

Layar

Realme membenamkan layar ekstra lebar, yakni IPS LCS 6,5 inchi ke bodi Realme C3. Layar lapang ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang gemar bermain game atau menonton video. Dengan rasio layar mencapai 89,8 persen pengguna tidak akan lagi menghadapi gangguan visual dari bezel.

Di sisi lain, Redmi 8 memiliki ukuran layar sedikit lebih kecil dibandingkan C3 yaitu 6,22 inchi dengan resolusi 720 x 1520 pixels. Kedua ponsel menyempatkan poni kecil di bagian atas layar untuk menempatkan satu kamera selfie.

Kamera

Kamera menjadi salah satu senjata utama dari Realme C3. Dengan Artificial Intelligence (AI) Triple Camera di bagian belakang, mereka berambisi menjadi smartphone pemula dengan fitur fotografi terbaik. Realme C3 memiliki kamera utama dengan resolusi 12MP dengan bukaan f/1.8.

Realme C3.

Selain lensa utamanya, Realme C3 memiliki lensa portrait 2MP dan lensa macro 2MP. Sementara di bagian depan terdapat kamera AI 5MP yang sudah dilengkapi dengan AI Beauty, HDR, dan Panorama.

Adapun Redmi 8 hanya terdapat dua kamera di belakang, yakni kamera belakang utama berkemampuan 12MP, f/1.8, dan satu kamera 2MP untuk menangkap foto bokeh. Sedangkan kamera depan memiliki resolusi 8 MP, f/2.0.

Prosesor

Realme C3 diperkuat prosesor MediaTek Helio G70. Prosesor ini adalah prosesor 12nm delapan inti yang memiliki kecepatan hingga 2,0GHz, yang menjadikannya salah satu yang tercepat dan terbaru di kelasnya. Untuk inti pemrosesan, Redmi 8 disokong oleh Snapdragon 439. Seri ini memiliki clockspeed hingga 2.0GHz dan menggunakan teknologi fabrikasi 12nm.

Baterai

Kedua ponsel membawa daya baterai besar yaitu 5000 mAh. Untuk Realme C3, baterai tersebut bisa bertahan lebih dari satu hari dengan pemakaian normal. Menariknya, Realme C3 memiliki fitur OTG reverse charging. Jadi ponsel ini bisa berfungsi sebagai baterai cadangan. Di sisi lain dengan daya baterai tersebut, Redmi 8 diklaim bisa bertahan hingga dua hari dalam pemakaian normal.