Nah Loh, Link Grup WhatsApp Bisa Muncul di Google

WhatsApp.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Grup WhatsApp pribadi ternyata tidak seaman yang dikira. Ribuan link grup WhatsApp bisa dilihat diindeks mesin pencarian Google

Fitur 'invite to group via link' di WhatsApp bisa digunakan untuk orang bisa membagikan akses grup pribadi mereka dengan orang lain. Celakanya link ini terbuka bebas di Google. 

Bug ini ditemukan jurnalis DW, Jordan Wilson. Dia mengungkapkan hal tersebut di akun pribadi miliknya. 

"Grup WhatsApp Anda mungkin tidak aman seperti yang Anda pikirkan. Fitur 'Invite to Group via Link' memungkinkan grup diindeks oleh Google dan mereka secara umum tersedia di internet. Dengan beberapa istilah pencarian Anda bisa dengan mudah menemukan beberapa grup yang menarik," tulis Wilson dalam akun Twitternya, dikutip laman DW, Sabtu, 22 Februari 2020. 

Wilson juga mengunggah tangkapan layar dari hasil pencarian tersebut. Link-link tersebut menampilkan untuk ajakan bergabung dengan grup chat. 

Baik Wildon dan ahli aplikasi rekayasa balik, Jane Manchun Wong setuju jika link ini sudah dibagikan secara online terlebih dulu sebelum menjadi indeks di Grup. Dengan membuat perubahan kecil pada URL, bisa untuk mengakses grup yang tidak terdaftar. 

Parahnya lagi, Facebook sebagai induk perusahaan WhatsApp kemungkinan tahu soal masalah tersebut. Setidaknya sejak November 2019 ketika merka mengirimkan balasan pada pengguna yang memberitahu soal bug itu. 

Jawaban Facebook pada 12 November 2019, mengatakan meskipun perusahaan terkejut dengan tautan yang ada di Google, mereka menuatakan tidak bisa mengontrol seluruh mesin pencarian, Google dan lainnya, indeks.