VIDEO: 6 Iklan Inspiratif yang Bikin Hati 'Luluh Lantak'

GA Director & Head of Creative Kantar Millward Brown Indonesia, Emma Mussell.
Sumber :
  • Dok. Kantar Millward Brown Indonesia

VIVA – Perusahaan riset global, Kantar Millward Brown, memberikan sejumlah penghargaan beberapa perusahaan yang beriklan saat Bulan Ramadan 1439 Hijriah.

Group Account Director and Head of Creative Kantar Millward Brown Indonesia, Emma Mussell, melihat bahwa iklan harus memiliki inovasi dalam cerita untuk menciptakan hubungan yang kuat dengan masyarakat.

Menurutnya, fungsi iklan bukan saja memasarkan sebuah produk, tapi juga harus mampu menggerakkan hati masyarakat.

"Dengan tingkat kematangan merek dan kategori di Indonesia maka iklan yang sangat baik telah menjadi lebih penting dibandingkan yang sebelumnya untuk meraih perhatian pemirsa," kata Mussell, dalam keterangannya, Sabtu, 18 Agustus 2018.

Selain itu, ia mengatakan pada Ramadan tahun ini menunjukkan bagaimana iklan yang sukses membawa tema yang dekat dengan konsumen Indonesia dan membawa tren budaya yang sedang berlangsung. Lalu, dikombinasikan dengan kreativitas untuk membawa perspektif baru ke dalam tema yang familiar.

Mussell mendapuk lima iklan yang menjadi inspirasi masyarakat, dan tentunya, sampai menitikkan air mata dalam survei bernama Most Loved Indonesian Ramadhan Ads 2018. Survei ini dilakukan oleh 1.000 konsumen di seluruh Indonesia, dan dilakukan secara online pada 7-12 Juni dan 10-20 Juli 2018.

1. Tokopedia

E-commerce milik William Tanuwijaya ini terpilih menjadi peringkat pertama iklan Ramadan yang paling disukai atau Most Loved Indonesian Ramadhan Ads 2018.

Mereka merilis iklan dengan tema 'Kesempatan Terbaik', yaitu seorang ibu yang kesulitan mencukupi kehidupan hariannya agar bisa menyisihkan rezeki hanya untuk membeli udang untuk anaknya.

2. Nestle

Melalui merek susu Bear Brand, Mussell melihat bahwa iklan Nestle ini disambut baik oleh masyarakat, khususnya mengenai perbuatan baik yang sederhana. Ia mengatakan Bear Brand memperlihatkan seseorang bisa membuat perubahan dengan perpustakaan sepeda motornya, Baca Keliling. Iklan ini mendapat penghargaan Most Enjoyable.

3. Gojek, Ramayana, dan Djarum

Ketiga perusahaan ini mendapat penghargaan Most Unique. Tema yang dibawakan memperlihatkan Ramadan dari sudut pandang baru. Gojek dengan iklan 'Cari Pahala' memperlihatkan seorang anak menemukan kebaikan hati yang mencontoh bapaknya.

Kemudian Djarum, melalui 'Hikmah Puasa', memperlihatkan betapa kuatnya arti dari kata minta maaf, sedangkan Ramayana, yang temanya 'Keren Lahir Batin', ini merupakan pencerminan masa lalu yang menghibur.

Apalagi dengan komposisi warna dan efek seperti era 1990-an, serta ditunjang penampilan ibu-ibu qasidah yang tak hanya membangkitkan nostalgia, namun juga memberi nilai humor.

4. Shopee

Dengan tema 'Goyang Hujan Emas', Shopee menggondol penghargaan untuk Most Noticed atas tarian goyang telepon selulernya yang mudah diingat. Iklan ini mendorong orang untuk menggoyangkan telepon seluler mereka, khususnya kaum perempuan, untuk mendapatkan diskon.