5 Langkah Mudah Ganti Ringtone WhatsApp di Android, Biar Beda

Ilustrasi WhatsApp
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Whatsapp merupakan pesan instan yang cukup popular di Indonesia. Platform yang bersaudara dengan Facebook dan Instagram ini telah menjadi pembunuh SMS dan telepon karena hanya mengandalkan data atau paket internet.

Dari semua pengguna Whatsapp, hampir semua memiliki ringtone yang sama. Kebayang kan kalau satu ruangan, saat notifikasi whatsapp muncul tanda pesan masuk, semua memperdengarkan suara yang sama dari balik smartphonenya.

Padahal mengganti ringtone notifikasi pesan whatsapp itu mudah loh. Tinggal masuk ke pengaturan. Akan lebih baik lagi jika sebelumnya kamu sudah mendownload lagu kesayangan lebih dulu, lalu disimpan ke dalam smartphone.

Untuk pengguna Android, jika lagu yang ingin dijadikan ringtone sudah tersimpan, ikuti beberapa langkah settingan ini,

1. Buka Whatsapp, tekan tanda titik tiga yang terletak di pojok kanan atas.
2. Di antara menu yang ada, pilih 'Setting' atau 'Pengaturan'.
3. Pilih Notifikasi 'Notification'. 
4. Lalu sentuh Notification Tone, akan muncul tampilan beberapa file lagu atau suara yang bisa dipilih.
5. Jika ingin memilih lagu kesayangan yang sudah lebih dulu disimpan di memori smartphone, pilih From Files.

Pengaturan ringtone ini bisa dibedakan berdasarkan jenis panggilan yang masuk. Ada ringtone pesan pribadi dari sesama pengguna Whatsapp, pesan grup WA, dan notifikasi panggilan whatsapp.

Pilih Message Notification untuk mengkostumisasi ringtone pesan japrian. Jika ingin mengkostumisasi notifikasi pesan dari grup, scroll ke bawah dan temukan Group Notification, lalu setting Notification Tone-nya. Di bagian paling bawah disediakan juga settingan untuk call notification atau ringtone untuk panggilan suara yang masuk. 

Simple, kan?