Jangan Malas, Nih 7 Cara Mudah Transfer Data Smartphone Lama ke Baru

Ilustrasi anak main gadget atau smartphone
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Memiliki perangkat smartphone terbaru pasti menjadi hal yang menyenangkan bagi sebagian besar pengguna. Namun ada kalanya pemilik ponsel merasa malas untuk memindahkan data-data karena menemui sejumlah kerumitan.

Country Director Huawei Device Indonesia, Lo Khing Seng mengatakan, jika ponsel yang dibeli adalah Huawei 20 Mate Series, perangkat ini sudah dilengkapi dengan fitur Huawei Phone Clone. Fitur itu memudahkan pengguna yang ingin memindahkan semua file.

"Pengguna bisa mentransfer semua data melalui perangkat lama ke perangkat baru dengan beberapa klik saja. Sekali pun perangkat lama bukan merek Huawei, pengguna masih bisa memanfaatkan fitur," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa 15 Januari 2019.

Berikut langkah-langkah untuk menjalankan fitur mudah untuk pindah file tersebut:

Unduh aplikasi Phone Clone

Unduh aplikasi tersebut di ponsel baru maupun lama di Play Store dan App Store. Namun Huawei Mate 20 Series tidak perlu lagi mengunduhnya karena sudah tersedia secara default.

Pilih ponsel lama

Pada smartphone lama pilihlah ‘this is the old phone’ dan pada perangkat baru pilih ‘this is the new phone’.

Izin aplikasi 

Pengguna harus mengizinkan aplikasi untuk mengakses berbagai file.

Tipe sistem operasi

Pada smartphone baru pilih tipe sistem operasi Android atau iOS, tergantung sistem yang dijalankan ponsel lama Anda.

Hubungkan dengan WiFi

Kemudian hubungkan kedua perangkat menggunakan jaringan wifi.

Centang hijau

Lalu jika ada gambar dua ponsel yang terkoneksi dengan centang hijau di antara keduanya, menandakan koneksi yang kamu buat berhasil.

Pilih file

Terakhir pilih file apa yang akan dikirim pada ponsel lama, lalu klik transfer.

"Selanjutnya Anda tinggal menunggu sampai semua data dipindahkan dan smartphone baru sudah siap digunakan. Aplikasi akan menginformasikan berapa persen data yang sudah ditransfer," katanya.

Huawei Phone Clone merupakan fitur yang diciptakan untuk menghilangkan kerisauan hilangnya data pada smartphone lama. Fitur ini akan membuat perpindahan data menjadi cepat, meski pun pengguna baru pertama kali melakukannya.