Adu Cepat Provider Internet Indonesia, Dari Telkomsel Hingga Smartfren

Telkomsel 5G Experience di Gelora Bung karno, Senayan, Jakarta.
Sumber :
  • Instagram/@telkomselarea2

VIVA – Telkomsel menjadi operator dengan performa internet terbaik sepanjang 2018. Data itu didapat dari aplikasi pengujian speed internet, nPerf, pada tahun lalu.

"Posisi ini berkat kecepatan upload yang baik dan tingkat performa pada browsing yang signifikan," kata pihak nPerf, dalam keterangannya, Kamis, 14 Februari 2019.

Kecepatan upload Telkomsel disebutkan mencapai 5,79 Mbps. Berdasarkan hasil metodologi penilaiannya, Telkomsel mendapatkan 23.185 nPoints.

Rata-rata performa browsing Telkomsel berada di angka 26,83 persen. Angka tersebut berada cukup jauh dari operator lainnya.

Pihak nPerf mengatakan bahwa persaingan antar operator sangat sulit. Di saat yang bersamaan mereka harus menghasilkan performa lebih baik setiap harinya.

Sedangkan di posisi kedua ada XL Axiata dengan 21.596 nPoints. Kecepatan speed operator ini adalah 5,01 Mbps,

Menyusul Smartfren berada di urutan berikutnya dengan 21.077 nPoints. Namun kecepatan download Smartfren mencapai 14,77 Mbps, nPerf mengatakan ini berasal dari hasil LTE advance yang dimiliki Smartfren.

Tahun 2018, pengguna nPerf di Indonesia melakukan 636.757 uji coba. Termasuk di dalamnya kecepatan, streaming dan tes browsing.

nPerf mengatakan statistik yang ada merupakan hasil pengukuran pada end-user.

Kecepatan download di Indonesia juga masih lambat. nPerf mengatakan bahwa sebagian besar operator hanya memberikan kecepatan terbatas pada penggunaan insentif, termasuk video streaming untuk kualitas high definition. (ann)