7 Cara Ngeles dari Phishing

Hacker.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Phishing adalah bagian dari serangan siber. Teknik ini dijalankan dengan seseorang berpura-pura menjadi orang lain dan mengelabui korban. Nantinya korban akan menyerahkan informasi penting berupa data pribadi mereka.

Dalam pernyataannya, Senin, 8 Juli 2019, Facebook mengaku terdapat beberapa cara agar pengguna dunia maya terbebas dari phishing. Berikut ini ada tujuh cara menghindari phishing ala Facebook.

1. Jangan Berikan Detail Login

Detail login memang sebaiknya hanya disimpan dan diketahui oleh pemilik akun. Facebook sendiri tidak pernah meminta kata sandi dalam bentul email. Platform tersebut juga tidak pernah mengirimkan penggunanya kata sandi dalam bentuk lampiran.

2. Jangan Menerima Permintaan Teman dari Orang Asing

Larangan ini tidak hanya berlaku untuk di kehidupan nyata, saat berselancar dan menggunakan platform media sosail sebaiknya tidak berteman dengan orang asing.

Biasanya para penipu akan membuat akun palsu dan meminta berteman dengan calon korbannya. Jika diterima, kemungkinan penipu itu akan menyebarkan spam.

3. Amankan Akun

Sebaiknya dilakukan seperti menjaga barang berharga. Facebook juga mengingatkan untuk mengganti password secara berkala.

Dengan begitu bisa terhindari akun dicuri dan digunakan untuk menghubungi keluarga serta teman korban.

4. Tinjau Aktivitas dan Hapus Spam

Pengguna sebaiknya terus memeriksa riwayat login. Ini dilakukan untuk melihat jika ada yang mencurigakan.

Selain itu juga bisa memeriksa sejumlah aplikasi yang diinstal dan memiliki akses ke data. Hapus juga aplikasi yang tidak digunakan.

5. Cek Fitur Keamanan

Fitur ini sendiri terdapat di Facebook dan menyediakan pengamanan lebih untuk para penggunanya. Mereka bisa mendatangi fitur keamanan jika tidak yakin akan penawaran atau update.

6. Ambil Tindakan dan Lapor

Facebook menganjurkan untuk melaporkan langsung jika menemukan email atau pesan dari platform tersebut yang mencurigakan.

Lebih baik juga tidak membuka email serta lampirannya. Facebook juga menyediakan tempat laporan di phish@fb.com.

Selain itu juga bisa melaporkan konten lain kepada pihak platform misalnya melaporkan percakapan dengan screenshot sebelum pengguna menghapusnya.

7. Kunjungi Help Center

Facebook bisa membantu para korban peretasan dengan menjungi Help Center untuk mendapatkan bantuan. Selamat mencoba!