Review Oppo F11: Foto Malam Hari Keren, Main Game Oke

Oppo F11
Sumber :
  • Viv

VIVA – Belum lama ini Oppo merilis F11 series. Smartphone Oppo F11 menggunakan layar waterdrop dan tanpa rising kamera seperti yang digunakan F11 Pro. Banyak perbedaan yang ada di F11 dan F11 Pro, namun keduanya sama-sama bisa diandalkan untuk mengambil foto malam hari.

Kebetulan VIVA.co.id mendapat kesempatan untuk memegang Oppo F11 selama beberapa pekan. Terlihat sekali desainnya yang cukup menonjol dari segi warna di Oppo F11. 

Oppo F11 menggunakan teknologi layar Gorilla Glass 5 dengan varian memori dan prosesor yang pasti mumpuni untuk ukuran smartphone harga Rp3 jutaan.

Desain

Layar Oppo F11 berukuran 6,53 inci dengan notch kecil di bagian tengahnya seperti tetesan air. Poni kecil ini dijadikan rumah untuk kamera depan. Ukuran layar yang cukup besar ini, membuat pengalaman bermain game atau menonton video juga lebih baik karena cakupan pandangannya lebih luas juga. 

Sedangkan di bagian belakangnya, terdapat dua kamera, flash, dan pemindai sidik jari berjajar di bagian tengahnya. Tombol power berada di sisi sebelah kanan ponsel. Pada bagian kiri terdapat slot dengan dual nano SIM serta pengaturan volume. Port USB Micro, slot 3,5 mm, dan speaker terdapat di bagian bawah. Sedangkan pada bagian atas ponsel tidak terdapat slot apapun. 

Dari sisi desain, penggunaan warna pada bodi Oppo F11 memang paling menarik perhatian kami. Selain hitam glossy, ada juga warna hijau dan ungu. Ini merupakan warna-warna yang tidak biasa disematkan di sebuah gadget, namun hasilnya ternyata cukup keren.

Performa

Oppo F11 menggunakan chip MediaTek Helio P70 dan RAM 4 GB. Ini membuat performanya tidak lelet. Ponsel juga sudah didukung Android 9.0 dan Color OS v6.0. 

Saat digunakan untuk bermain game seperti Mobile Legends tidak lagging dan juga ponsel tidak cepat panas jika dimainkan lebih dari 30 menit. Tampilan permainan juga lebih baik dengan gambar yang lebih tajam. 

Pada hasil Geekbench 4 pada F11, single core score adalah 1558 dan multi-core score adalah 5975. Untuk AnTuTu Benchmark skornya 148.543 poin.

Kamera

Oppo F11 menyematkan kamera depan 16 MP serta kamera belakang masing-masing 48 MP+5 MP. 

Untuk kamera depan, menghadirkan bukaan f 2.0, juga didukung AI Beauty 2.0 serta mode bokeh yang tersimpan di bagian potrait. Pada kamera belakang didukung fitur seperti dazzle colour dan juga night mode. 

Hasil kamera sudah bagus apalagi pada kondisi tempat yang kurang cahaya. Foto yang dihasilkan juga sangat detail pada objek. Ini merupakan andalan untuk para pengguna smartphone F11. Foto di malam hari saat ini tidak menjadi perhatian banyak vendor smartphone. Padahal tren selfie tidak mengenal waktu, siang atau malam. Dengan adanya F11 maka ini bisa dibilang sebagai angin segar bagi para pengguna yang kerap selfie di tempat dugem.

Mode dazzle colour membuat hasil foto lebih terang dari foto aslinya. Night mode juga membuat foto malam hari lebih terang dan bercahaya. Walaupun tanpa mode ini, hasil fotopun tidak terlalu gelap juga. 

Baterai

Baterai ponsel ini berdaya 4020 mAh. Selain itu juga menggunakan pengisian cepat menggunakan VOOC Flash Charge 3.0. 

Saat digunakan untuk bermain game Mobile Legends, baterai hanya kehilangan 7 persen selama bermain 40 menit. Saat menonton video streaming selama satu jam baterai hanya berkurang 4 persen. 

Ponsel juga akan mengingatkan untuk menyimpan pada save power dengan mematikan sejumlah aplikasi yang memakan daya baterai terlalu cepat. 

Untuk pengisian daya cepat dari 11 persen ke 45 persen akan mengisi sekitar 20 menit. Sedangkan pada kondisi 11 persen ke full membutuhkan waktu 1 jam 3 menit.