Banderol Rp1 Jutaan, Kualitas Samsung Galaxy A10s Gak Bikin Kecewa

Ulasan Samsung Galaxy A10s
Sumber :
  • Viva.co.id/Misrohatun

VIVA – Samsung sudah merilis ponsel Galaxy A10s beberapa waktu lalu. Kehadiran produk baru ini menjadi penerus model sebelumnya, Galaxy A10. Meski demikian, Samsung melakukan beberapa penambahan fitur-fitur yang ada di dalam produk anyar tersebut sebagai penyempurnaan.

Tim VIVA.co.id berkesempatan melakukan ulasan untuk ponsel baru ini, Setelah menggunakannya selama 10 hari. Upgrade pada Galaxy A10s meliputi penambahan sensor sidik jari, kamera ganda dari sebelumnya single camera dan kapasitas baterai.

Desain
Perangkat masih memiliki ukuran yang sama dengan generasi sebelumnya, yakni 6,2inci dengan model layar Infinity-V Display yang tersemat kamera selfie. Kemudian pada bagian belakang memiliki warna yang mengkilap.

Kami mengulas pilihan warna Diamond Blue. Desain Galaxy A10s tidak begitu tebal, sehingga terasa nyaman saat digenggam, beratnya pun cukup ringan. 

Sistem operasi
Ponsel ini menggunakan Android 9 Pie dan One UI. Bilah notifikasi akan ditemukan saat pengguna menggeser tepi layar ke arah bawah. Sedangkan menu akan ditemukan saat kita menggesernya ke arah kanan.

Performa
Galaxy A10s menggunakan prosesor MediaTek Helio P22 Octa-Core dengan GPU PowerVR Rogue GE8320. Untuk kapasitas penyimpanan tersedia RAM 2GB dan ROM 32GB.

Selama penggunaan normal, aplikasi yang ada di dalamnya seperti Instagram, Google dan WhatsApp tidak ditemukan lag. Jika digunakan dalam waktu yang agak lama, juga tidak menghasilkan panas berlebihan.

Kamera
Kamera belakang memiliki resolusi utama 13MP dengan f/1.8. Sedangkan kamera kedua memiliki besaran 2MP bukaan f/2.4 yang mampu 2x zoom. Pengambilan gambar memiliki berbagai mode, seperti Fokus live, Pro dan Panorama.

Fokus live atau efek bokeh juga bisa digunakan untuk kamera depan yang memiliki resolusi 8MP dengan bukaan f/2.0. Untuk ponsel dengan harga terjangkau, kamera bisa menghasilkan efek bokeh yang cukup memukau.

Baterai

Daya pada perangkat adalah sebesar 4000mAh. Namun karena tidak dilengkapi pengisian cepat, pengulas butuh waktu satu jam untuk mencapai pengisian 45 persen. Namun patut diakui jika baterainya memang sangat awet, bisa untuk seharian dengan penggunaan normal.

Kesimpulan
Ponsel dengan banderol harga Rp1,9 juta ini sangat nyaman digenggam dan memiliki sensitivitas layar yang cukup oke. Masalah kamera juga cukup bisa diandalkan untuk ponsel dikelasnya.

Meski memiliki RAM yang minim, tapi kita bisa mengakalinya dengan microSD karena dilengkapi dengan slotnya. Minusnya, pembelian pada ponsel tidak dilengkapi dengan headset, sehingga user harus mengeluarkan kocek lebih.