Smartphone 5G Oppo Bakal Dijual 2019

Oppo R15 saat digunakan untuk mengetesan jaringan 5G di China.
Sumber :

VIVA – Kedatangan teknologi generasi ke-5 (5G) dalam pasar internet memang tidak bisa dipungkiri lagi. Vendor perangkat harus sesegera mungkin menunjukkan kesiapannya dalam menghadapi teknologi 5G.

Dalam pernyataannya di Sina Weibo, platform media sosial popular di Tiongkok, VP Oppo Global sekaligus pemimpin departemen bisnis Oppo di Tiongkok, Brain Shen, sudah berhasil mengaplikasikan koneksi internet generasi ke-5 untuk pertama kalinya.

"Perangkat terminal ini dikembangkan dengan berbasis OPPO R15 dengan kustomisasi komponen jaringan 5G yang terintegrasi, termasuk pada system board, RF, RFFE antena. Oppo berkomitmen memberikan kontribusinya dalam menetapkan standar jaringan 5G dan juga pengembangan produk serta komersialiasi jaringan," kata Brain Shen, dalam keterangannya, Jumat 2 November 2018.

Brain menegaskan jika Oppo akan menjadi merek pertama yang akan merilis smartphone komersial 5G tahun 2019. Ini kali kedua keberhasilan Oppo dalam pengembangan dan kontribusi terhadap jaringan 5G. 

Sebelumnya, pada Mei 2018 lalu, Oppo juga mengumumkan keberhasilannya terhadap implementasi panggilan video 5G pertama kali di dunia dengan demonstrasi menggunakan teknologi 3D Structured Light melalui perangkat OPPO R11s yang dikustomisasi. 

Oppo sejatinya sudah memulai berpartisipasi dalam proyek penetapan standardisasi 5G sejak 2015. Selain melakukan pengembangan melalui Oppo Research Institute yang berpusat di Shenzhen, OPPO juga melakukan kerjasama dengan Qualcomm dalam pengembangan teknologi 5G ini.