Samsung Pamer Tampang Ponsel Lipat, Tapi Masih Malu-malu

Ponsel lipat Samsung
Sumber :
  • The Verge

VIVA – Selama berminggu-minggu perusahaan teknologi asal Korea Selatan, Samsung, berhasil menggoda masyarakat dengan rumor ponsel lipat. Dalam acara konferensi pengembang, pada Rabu kemarin, untuk pertama kalinya perusahaan memamerkan perangkat tersebut. Mereka menyebutnya, Infinity Flex Display.

Dikutip melalui situs The Verge, Kamis, 8 November 2018, ponsel itu bisa memiliki dua model, yaitu dapat dilipat menjadi dua bagian, dan dibuka lebar sehingga menyerupai tablet. Saat dilipat, tampilan layarnya otomatis mengecil, dengan salah satu sisi menampakkan home screen layaknya ponsel biasa.

SVP of Mobile Product Marketing Samsung, Justin Denison sempat memamerkan wujud ponsel lipat itu di depan forum. Agaknya ia sengaja menunjukkan perangkat dengan cara yang samar, karena saat itu mereka meredupkan lampu, kemungkinan agar desainnya tidak terungkap sepenuhnya.

Denison menyebut ini adalah perangkat yang menakjubkan. "Dan ini menakjubkan," katanya. Ponsel lipat ini jika dibentang menjadi tablet memiliki ukuran 7,3 inch.

Infinity Flex Display akan diproduksi secara massal dalam waktu beberapa bulan. Namun perusahaan tidak mengatakan kepastian mengenai kapan perangkat ini dapat dilihat secara keseluruhan.

Raksasa mesin pencarian Google juga turut andil dengan teknologi fenomenal ini. Akan tetapi tidak disebutkan secara detail bentuk kontribusinya.

Sepertinya banyak perusahaan teknologi yang juga tergiur dengan langkah yang Samsung ambil dengan meluncurkan ponsel lipat. Salah satunya Huawei, yang digosipkan bakal meluncurkan ponsel lipat pada tahun 2019.

Sedangkan Lenovo dan Xiaomi juga mulai menggoda dengan prototipe buatannya. Lalu ada LG yang akan memiliki TV dengan layar OLED fleksibel, sehingga dapat digulung ke dalam kotak. Kemungkinan pula di tahun depan ada lebih banyak ponsel lipat dari berbagai macam produsen smartphone. (ren)