Apple Akan Pangkas Poni untuk iPhone 11, Kamera Depan Bawah Layar

Logo Apple.
Sumber :
  • andersonshatch.files.wordpress.com

VIVA – iPhone 11 baru yang diharapkan akan rilis pada 2019 mendatang, kemungkinan akan menjadi smartphone layar penuh pertama dari Apple. Karena telah beredar rumor yang menyebut bahwa perusahaan sedang mengembangkan penempatan kamera depan di bawah layar.

Dilansir dari laman T3, Selasa 13 November 2018, desas-desus Apple 11 tanpa notch itu sudah muncul sejak beberapa masa belakangan ini. Namun, sekarang ada bukti baru yang terungkap. Paten baru telah ditemukan yang menunjukkan bahwa Apple sedang mencari cara untuk menempatkan kamera menghadap ke depan di bawah layar ponsel.

Kantor Paten & Merek Dagang AS (USPTO) mempublikasikan, paten Apple yang merinci smartphone dengan kamera dan larik sensor lengkap di bawah layar pada 8 November. Paten Apple juga menjelaskan kemungkinan bahan yang dipakai untuk membuat kaca penutup display, misalnya alumino silikat kaca.

Teknologi kamera bawah layar memang bukan pertama kalinya dibicarakan. Samsung Galaxy S10 juga disebut akan menampilkan konsep itu. Bahkan perusahaan secara resmi telah menyinggung pada konferensi pengembangnya dengan nama New Infinity.

Selain itu, Huawei, LG, dan Oppo juga memiliki paten sendiri untuk kamera di bawah layar yang diterbitkan tahun ini.

Namun, sebagaimana karakteristik Apple yang banyak diketahui selama ini, pihaknya cenderung merilis perangkat lebih lama dibanding merek lainnya. Karena Galaxy S10 direncanakan hadir lebih awal pada tahun 2019, Apple harus segera mengejar waktu rilis iPhone 11 sekitar bulan September.

Apple juga diharapkan akan merilis banyak varian dari iPhone 11, seperti Samsung dengan Galaxy S10. Konsep ini akan memungkinkannya untuk menawarkan iPhone layar penuh high-end terbaru dengan harga premium. Jadi siap-siap dengan kejutan harga yang ditawarkannya setelah rilis nanti.