Aplikasi Google Bisa Pesan Angkutan Online Pakai Suara

Google for Indonesia 2018.
Sumber :
  • Dok. VIVA/ Novina

VIVA – Dalam acara Google for Indonesia yang berlangsung pada Selasa, 4 Desember 2018, Google merilis fitur baru bernama Book A Ride. Fitur ini menghadirkan layanan pemesanan transportasi online.

Uniknya, pengguna bisa mengirim perintah melalui fitur ini tanpa mengetik. Karena menggunakan Google Assistant, pemesanan dapat dilakukan dengan suara.

"Jadi Book A Ride melewati beberapa kali klik, alias memotong jalur," kata Vice President of Engineering Google Assistant, Scott Huffman di acara Google for Indonesia, Selasa, 4 Desember 2018. Ini artinya, transaksi via suara dinilai lebih ringkas karena tak perlu menekan layar gadget berulang kali. 

Namun, saat ini layanan masih tersedia dalam Bahasa Inggris dan akan segera rilis versi Bahasa Indonesia. 

Selain itu, juga ada layanan News Briefings untuk mendapatkan berita lokal. Ada pula layanan untuk pelanggan Indosat, yang menyajikan tagihan bulanan serta kuota yang tersisa dalam Assistant. 

Dalam Google for Indonesia juga diumumkan perilisan Google Go. Aplikasi ini sudah bisa didownload di Google Play. Google Go memiliki ukuran 5 MB, bisa dioperasikan pada ponsel dengan RAM yang kecil ataupun koneksi internet 2G. 

Tampilan muka dari Google Go mengelompokkan 13 kategori seperti berita, olahraga, pendidikan, dan lowongan. 

Pengguna Google Go juga bisa mendengarkan konten dari situs yang dibukanya. Kalimat akan ditandai dan dibacakan oleh aplikasi itu. 

"Google Go menggunakan kecerdasan buatan membantu mengidentifikasi bagian yang harus dibaca," kata Consumer Apps Marketing Manager Google, Ridzky Novasandro.  (sar)