Ini Beda Layanan Aplikasi mBanking, Tcash, dan MyTelkomsel

TCash.
Sumber :
  • Telkomsel

VIVA – Operator telekomunikasi Telkomsel merilis aplikasi mobile banking atau mBanking. Padahal, anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk itu memiliki layanan aplikasi sejenis, yaitu TCash dan MyTelkomsel.

Vice President Digital Advertising and Banking Telkomsel, Harris Wijaya menjelaskan, mBanking berbeda dengan dua aplikasinya yang lain. MBanking hasil kerja sama dengan bank. Sedangkan, MyTelkomsel lebih ke layanan semua produk Telkomsel, serta TCash adalah layanan mobile financial services.

Ia mengatakan aplikasi mBanking Telkomsel bisa digunakan pengguna yang memiliki lebih dari satu akun bank. Aplikasi tersebut sudah bisa diunduh di Android, sedangkan untuk iOS akan segera menyusul.

Harris menyebut alasan tidak meleburkan ketiga aplikasi milik Telkomsel ini agar tidak mengacaukan pelanggan yang menggunakan aplikasi sesuai dengan kebutuhan.

"Jadi kebutuhan yang related sama Telkomsel, maka mereka akses MyTelkomsel. Terkait dengan layanan keuangan, ya, TCash. Tapi, kalau pelanggan urusannya sama bank, tinggal klik mBanking," kata dia kepada VIVA, Rabu, 12 Desember 2018.

Harris menambahkan jika mBanking Telkomsel sifatnya menghubungkan antarbank dengan pelanggan. Meski begitu, ia mengaku jika Telkomsel tidak memiliki nasabah dan server untuk mendata pelanggan.

"Server ada di bank. Tapi, aplikasi ini punya pengamanan berlapis, baik dari pihak bank maupun kita. Ibaratnya, kami seperti jalan. Ada security-nya juga jadi sudah secure," ungkap Harris.