VIDEO: 'Raja' Ponsel Layar Lipat di CES 2019, Lupakan Samsung atau LG

Smartphone layar lipat, FlexiPai
Sumber :
  • Instagram/@royoleofficial

VIVA – Pameran teknologi Consumer Electronics Show atau CES 2019 telah dibuka. Ada sederetan inovasi teknologi yang bakal tampil dalam pameran tahunan tersebut. Salah satunya inovasi yang ditunggu yakni smartphone dengan layar bisa dilipat. 

Jangan dipikir yang menghadirkan smartphone layar lipat pada CES 2019 adalah perusahaan besar seperti Samsung, LG ataupun Huawei. Ketiga perusahaan itu belakangan gencar saling memanasi persaingan untuk menjadi yang pertama merilis smartphone jenis baru tersebut. 

Lupakan tiga nama itu di CES 2019 sebagai produsen yang memamerkan smartphone layar lipat. Sebab cuma ada satu ‘raja’ smartphone layar lipat yang dipamerkan dalam pameran itu, yakni FlexPai, smartphone berlayar AMOLED 7,8 inchi buatan Royole. 

Royole merupakan perusahaan China berbasis di Amerika Serikat yang memproduksi perangkat elektronik fleksibel.  

FlexPai hadir dengan kemampuan yang beda dengan konsep smartphone layar lipat dari ketiga perusahaan besar tersebut. Royole menghadirkan FlexPai yang bisa dilipat dengan dua cara dilipat dari luar dan dalam. Namun desainnya agak terganggu dengan keberadaan engsel smartphone yang ada di bagian tengah.

Desain FlexPai itu membuat perangkat ini menjadi tebal ini dan membuat smartphone ini tak bisa masuk ke kantong secara leluasa.  

Menariknya sebelum pamer di CES 2019, FlexPai sudah dijual di pasaran per Oktober 2018. 

Nah, dalam panggung CES 2019 ini, Royole tak cuma pamer FlexPai. Produsen perangkat lipat ini memamerkan beberapa perangkat lain yaitu speaker pintar dengan layar 7,8 AMOLED yang bisa dibengkokkan sampai 100 derajat, keyboard fleksibel dan tongsis pintar berbasis sentuh. (dhi)