Samsung Galaxy S10 Bakal Pakai Chip 1 TB?

Chip memori Samsung kapasitas 1 TB
Sumber :
  • Dokumen Samsung

VIVA – Samsung siap menghadirkan era baru penyimpanan yang super. Pekan ini, perusahaan Korea Selatan itu mengumumkan sudah memproduksi chip penyimpanan 1 TB eUFS 2.1 untuk smartphone

Dikutip dari laman 9to5google, Kamis 31 Januari 2019, chip 1 TB Samsung ini ukurannya sama dengan chip memori Samsung lainnya yakni 11,5 mm x 13 mm. Namun jangan heran dengan kekuatannya. 

Samsung mengatakan, chip anyar tersebut memungkinkan memindah file video 5 GB ke SSD NVMe hanya dalam 5 detik atau kemampuannya 10 kali dari kecepatan kartu microSD berkecepatan tinggi. Samsung mengatakan, kemampuan read speed chip 1 TB itu naik menjadi 1000 megabyte per detik.

Executive Vice President of Memory Sales Samsung, Cheol Choi menjelaskan, chip 1 TB itu diharapkan memainkan peran penting dalam membawa pengalaman pengguna dalam menggunakan laptop ke generasi ponsel dan tablet teranyar. 

Nah, kabar yang beredar chip 1 TB ini akan disematkan pada smartphone anyar Samsung yang meluncur pada 20 Februari 2019, Samsung Galaxy S10. Kabarnya Galaxy S10 dengan chip 1 TB akan hadir dengan dipasangkan dengan RAM 12 GB dan kemungkinan Galaxy S10 yang menyandang fitur ini adalah versi Galaxy S10 Plus. 

Jika benar Samsung Galaxy S10 hadir dengan chip eUFS 1 TB tersebut, Samsung makin maju dalam menyediakan kapasitas memori pada ponsel andalan mereka. 

Tahun lalu Samsung mempromosikan Samsung Galaxy Note 9 sebagai perangkat yang siap mengusung kapasitas 1 TB, namun ternyata cuma mengakomodasi setengahnya. Maksudnya, pengguna bisa mendapatkan memori 1 TB dengan menambahkan memori microSD 512 GB ke dalam Galaxy Note 9 dengan kapasitas memori internal 512 GB. (ase)