Khawatir, Steve Wozniak Desak Apple Bikin iPhone Lipat

Salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak
Sumber :
  • Instagram/@thecryptorep

VIVA – Salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak menginginkan produsen iPhone tersebut terjun dalam industri smartphone lipat. Menurutnya tidak ada salahnya, Apple mencoba pertarungan pada hal baru setelah lama memimpin dalam berbagai inovasi teknologi smartphone.

"Apple telah menjadi pemimpin untuk waktu lama pada beberapa area seperti Touch ID, Facial ID dan pembayaran menggunakan ponsel," kata Wozniak, dilansir Business Insider, Jumat 1 Maret 2019. 

Namun sayangnya, menurut Wozniak, Apple bukanlah pemimpin di bidang smartphone lipat. Dia terang-terangan takut Apple akan jatuh di tengah bidang baru persaingan smartphone tersebut. Padahal dia mengaku mengidamkan ponsel lipat dari Apple. 

"Apple telah menjadi pemimpin dan semua orang mengikutinya, tapi Apple bukan pemimpin dalam bidang seperti ponsel lipat. Ini membuat saya khawatir," kata dia.

Selain ponsel lipat, karib dari Steve Jobs itu menginginkan Apple TV lebih berkembang lagi. Dia mengatakan lebih memilih Roku dibandingkan produk Apple itu. 

Persaingan vendor smartphone dalam ponsel dengan layar lipat semakin seru. Samsung mulai memperlihatkan smartphone lipatnya kepada publik pada gelaran Unpacked pekan lalu. Smartphone lipat bernama Galaxy Fold diperkenalkan bersamaan dengan rilis empat varian Samsung Galaxy S10. 

Layar bagian dalam Samsung Galaxy Fold berukuran 7,3 inci dengan Flex Dynamic Amoled. Sedangkan bagian luar berukuran 4,6 inci. 

Galaxy Fold memiliki bezel cukup besar di bagian atas dan bawah ponsel. Selain itu saat dalam mode ponsel lipat, bagian ujungnya tidak akan saling menyentuh. Tujuannya agar mencegah kerusakan dari produk. 

Enam kamera disematkan pada ponsel ini. Satu kamera depan dengan 10 MP dan dua kamera di bagian dalam 10 MP dan 8 MP. Di bagian belakang ada tiga kamera dengan konfigurasi 16 MP+12 MP+12 MP. 

Samsung tak sendirian, Huawei memperkenalkan smartphone lipatnya Huawei Mate X di Mobile World Congress 2019. Lipatan Huawei Mate X menggunakan desain engsel sayap elang, yang sedikit tersembunyi bukan seperti membuka atau menutup buku. 

Huawei Mate X memiliki RAM 8 GB dan RoM 512 GB. Ponsel ini siap dipasarkan pertengah tahun 2019 dengan harga 2299 Euro atau sekitar Rp36 jutaan.