Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 1 Maret 2019 | 12:12 WIB

Awas, Turbulensi Harga Gara-gara Tren Ponsel Lipat

Team VIVA »
Lazuardhi Utama
Misrohatun Hasanah
Foto :
  • letsgodigital
Konsep ponsel lipat transparan Sony Xperia.

VIVA – Tak bisa dipungkiri, Mobile World Congress atau MWC di Barcelona, Spanyol pada 25-28 Februari 2019, menjadi ajang bagi produsen teknologi memamerkan sejumlah gawai atau gadget serta peralatan telekomunikasi baru.

Pameran dagang ini dihadiri oleh 100 ribu orang, yang di antaranya ponsel lipat Huawei Mate X untuk menyaingi Samsung Galaxy Fold. Dikutip dari situs Metro, Jumat, 1 Maret 2019, kedua perangkat ini akan menjadi smartphone termahal yang pernah dirilis.

Baca Juga

Pecinta gadget telah mendapat peringatan akan fenomena ini. Pakar teknologi dan pendiri situs berita teknologi Pocket-lint, Stuart Miles, mengatakan bahwa MWC tahun ini benar-benar menarik.

"Event kali ini menginspirasi kita tentang apa yang akan terjadi dalam beberapa tahun mendatang. Kita juga akan ada di mana semuanya saling terhubung dan fleksibel karena 5G dan ponsel lipat," kata Miles.

Terpopuler

Namun, ia melanjutkan, masa depan seperti ini harus dibayar di mana teknologi yang telah mendorong batasan-batasan tersebut diketahui memiliki harga yang sangat mahal.

Analis industri CCS Insight, Ben Wood, sependapat dengan Miles yang menyebut setelah pengumuman peluncuran kedua smartphone premium ini, maka terdapat ‘wilayah baru’ untuk penetapan harga gadget.

"Saya menggarisbawahi betapa ambisiusnya harga. Meskipun begitu ada sedikit keraguan tentang kemungkinan pecinta gadget yang akan menemukan perangkat yang sangat menarik bagi mereka," kata Wood.

Huawei Mate X mengonfirmasi mereka telah memasuki era baru dalam desain smartphone dengan tampilan fleksibel yang menawarkan berbagai kemungkinan baru.

Selain itu, adapula Microsoft yang mengumumkan HoloLens generasi kedua. Hologram virtual ini dapat berinteraksi menggunakan kontrol gerakan. Umumnya ditujukan untuk perusahaan ketimbang individu.

Sementara itu, Sony, LG, Nokia dan Xiaomi, turut mengungkap smartphone barunya. Khusus teknologi 5G, yang menjadi perhatian banyak orang, diperkirakan muncul ke publik pada akhir 2019. (ann)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Huawei Rilis Ponsel Layar Lipat Pertama Berteknologi 5G
TVONE NEWS - 8 bulan lalu