Tarung Ponsel China, Realme Vs Redmi

Realme.
Sumber :
  • Dok. Realme

VIVA – Tak lama setelah harga smartphone Realme 3 resmi dipublikasi, lagi-lagi vendor ponsel pintar China ini akan merilis perangkat anyar mereka, Realme 3 Pro di India.

CEO Realme, Madhav Sheth, menegaskan bahwa Realme 3 Pro untuk mematahkan dominasi Redmi Note 7 Pro, yang dikenal sebagai 'bintangnya ponsel kamera'. Ia juga menyindir sub-merek Xiaomi itu jika mereka tidak jualan mimpi, melainkan barang.

"Kami tidak menjual iklan di UI. Kami hanya menjual ponsel," kata Sheth, seperti dikutip dari situs Hindustan Times, Selasa, 5 Maret 2019. Perlu dicatat, Xiaomi menayangkan iklan di userinterface (UI) sebagai bagian dari kebijakan monetisasi. Langkah ini menuai kritik dari pakar maupun pengguna.

Sheth mengatakan bahwa Realme 3 Pro dilengkapi dengan kamera IMX586 Sony 48-megapiksel, dan resmi disebar ke publik pada April 2019. Harganya akan dikisaran 9 ribu rupee atau Rp1,74 juta. Harga ini sama dengan Realme 3 untuk RAM 3GB dengan ROM 32GB.

Namun, serangan Realme dibalas Xiaomi dengan mengatakan kalau mereka tidak memberi tahu penggunanya tentang prosesor Qualcomm Snapdragon 660 yang tidak dapat beroperasi di smartphone mereka. Akan tetapi, baik Realme dan Qualcomm, tidak memberi tanggapan Xiaomi soal ketidaktransparanan tersebut.

Mengutip situs The Verge, Realme 3 dilego seharga 9 ribu rupee (US$125 atau Rp1,74 juta) untuk RAM 3GB dan ROM 32GB. Adapun, jika pengguna ingin menambah RAM dan ROM, mereka harus merogoh kocek hingga 11 ribu rupee (US$155 atau Rp2,16 juta).

Menurut sejumlah pengamat, harga Realme 3 ini adalah harga agresif, dan sebagai bagian dari strategi bisnis untuk memukul harga Xiaomi Redmi Note 7. Smartphone Realme 3 sudah tersedia di e-commerce Flipkart.

Tahun lalu, Oppo meluncurkan sub-merek Realme di India, mengambil inspirasi dari Xiaomi dengan Redmi-nya, dalam hal nama dan model bisnis. Strategi ini nampaknya berhasil.

Realme menjadi merek smartphone terbesar ketiga di India selama musim belanja Diwali, menurut Counterpoint Research.

Sementara, IDC menempatkan Realme di urutan keempat pada kuartal IV 2018, atau di bawah Oppo. Lantas, bagaimana dengan Indonesia? Diperkirakan Realme 3 diboyong ke Tanah Air pada 12 Maret mendatang.