Alasan realme 3 di Indonesia Lebih Mahal Ketimbang di India

Realme 3
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA – realme 3 baru saja diumumkan kehadirannya di Indonesia. Sebelumnya ponsel terobosan realme itu juga telah resmi meluncur di negara India. Namun setelah diamati terdapat perbedaan nyata di sisi spesifikasi maupun harga

Di negara Bollywood ponsel ini dibanderol Rs8.999 atau sekitar Rp1,8 juta. Namun di Tanah Air harga yang mereka cantumkan sedikit berbeda, dijual mulai dari Rp2 juta. Perbedaan juga terdapat di prosesor, di Indonesia menggunakan Helio P60, sedangkan India Helio P70.

Marketing Director realme South East Asia, Josef Wang memaparkan sejumlah alasan atas perbedaan itu. Ia menyebut Helio P70 merupakan versi global. 

"Memilih Helio P60 sudah kami pertimbangkan sebelumnya. Dari segi performa tidak berbeda jauh sebenarnya. Penggunaannya juga sudah disesuaikan dengan harga jual di Indonesia," katanya dalam konferensi pers di Hotel Pullman, Jakarta Barat, Selasa, 12 Maret 2019.

Prosesor ini membawa teknologi proses FinFET 12nm terbaru dari TSMC, diklaim 15 persen lebih menghemat daya dibandingkan dengan pemprosesan 14nm. Helio P60 juga memiliki multi-threaded APU (Artificial Intelligence Processing Unit), termasuk multi prosesor inti dan prosesor logika kontrol cerdas.

Prosesor ini juga mengadopsi arsitektur octa-core, dengan Cortex-A53 quad-core dan Cortex-A73 empat core, sehingga menghasilkan kinerja frekuensi hingga 2.0GHz. Untuk penggunaan grafis terdapat ARM Mali-G72 MP3 GPU 800MHz, agar operasi berjalan mulus. 

realme 3 memiliki tiga varian, RAM 3GB + 32GB, RAM 3GB + 64GB, dan RAM 4GB + 64 GB. Sedangkan variasi warnanya ada dynamic black dan radiant blue. Mulai dijual secara online di e-commerce Lazada pada 20 Maret, sedangkan penjualan offline pada 30 Maret. (mus)