Ditantang Redmi Note 7, Ini yang Unggul dari Realme 3

Varian harga realme 3.
Sumber :

VIVA – Belum lama ini, realme meluncurkan produk terbarunya ke pasar Indonesia. Realme 3 diklaim siap menjadi smartphone revolusioner di pasaran. 

Di pasaran, realme 3 akan bersaing dengan banyak model smartphone yang sudah ada sebelumnya. Salah satu model yang akan dihadapi realme 3 adalah Redmi Note 7 yang sebentar lagi masuk Indonesia. Lantas, siapakah yang lebih pantas dibeli? 

Prosesor
Realme 3 menggunakan prosesor MediaTek Helio P60 yang mengadopsi proses FinFET 12nm terbaru TSMC, yang lebih hemat daya sebesar 15 persen dibandingkan dengan prosesor 14nm. P60 mengadopsi struktur 8-inti dan dilengkapi dengan empat inti Cortex-A53 dan empat inti Cortex-A73, dengan kecepatan clock P60 hingga 2.0GHz.

Di sektor kecerdasan buatan (AI) Helio P60 memiliki teknologi khusus bernama NeuroPilot  yang didedikasikan untuk AI, yang dapat melakukan pendeteksian wajah, pembelajaran yang mendalam, pengenalan adegan, akselerasi AR dan MR.

Sementara Redmi Note 7 menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 660 yang dibangun dengan tekologi fabrikasi yang lebih lama, yakni 14 nm.

Desain
Desain realme 3 bisa dibilang adalah poin yang sangat vital. Realme 3 menggunakan konsep unibodi yang menghilangkan bingkai tengah,  dengan demikian pengguna akan memperoleh genggaman dan efek visual yang lebih baik. 

Sementara bodinya juga dilapisi warna gradasi indah. Ada dua warna yang disediakan realme,  yakni Dynamic Black dan Radiant Blue. Kedua warna tersebut dihasilkan dengan teknologi terbaru yang membuat hasilnya tampak lebih sempurna.

Di sisi lain, Redmi Note 7 mengusung desain yang cenderung sama dengan beberapa seri terdahulunya. Mengusung warna gradasi di bodi belakang Redmi Note 7 tampak modern jika dibandingkan dengan beberapa kompetitor.  

Baterai
Realme 3 didukung dengan baterai yang besar. realme 3 mengusung baterai berkapasitas tinggi 4.230mAh, yang lebih unggul dari produk kompetitor dalam kisaran harga yang sama. Masa pakai baterai yang lebih lama dan hemat daya memungkinkan pengguna untuk menggunakan ponsel ini selama yang mereka butuhkan, sebuah keunggulan utama dibandingkan para kompetitor. 

Sedangkan Redmi Note 7 menggunakan baterai dengan kapasitas lebih kecil, yakni 4.000  mAh yang bisa mendukung aktivitas sehari-hari penggunanya. 

Kamera
realme 3 menggunakan kamera dengan konfigurasi ganda di belakang. Terdapat kamera utama  13MP + kamera sekunder 2MP, dengan ukuran piksel tunggal kamera utama sebesar 1,12um. Kombinasi aperture f / 1.8 dan lensa 5P yang besar merupakan lompatan besar bagi Realme Belum lagi, kamera depannya yang beresolusi 13 MP. 

Yang spesial adalah, kehadiran fitur Nightscape. Dengan bantuan AI, sinergi multi-frame dan algoritma anti-shake, mode Nightscape  akan secara signifikan meningkatkan kualitas gambar dalam cahaya redup.

Di sisi  lain, Redmi Note 7 menggunakan kombinasi kamera 48 MP dan 5 MP di bagian belakang. Sedangkan di depan, terdapat 13 MP untuk keperluan selfie. Redmi Note 7 memiliki mode pengambilan foto malam yang hasilnya setara dengan hasil realme 3. 

Harga
Realme 3 dijual dalam tiga varian di pasaran.  Versi paling murah dibanderol seharga Rp1.799.000 untuk varian 3GB/32GB, Rp 2.099.000 untuk varian 3GB/64GB, serta 2.399.000 untuk varian 4GB/64GB. 

Sementara Redmi Note 7 di China dihargai  mulai 999 Yuan atau sekitar Rp2,1 juta untuk varian 3GB/32GB, tipe 4GB/64GB dijual 1.199 Yuan atau sekitar Rp2,5 juta dan 1.399 Yuan atau sekitar Rp2,9 juta untuk tipe 6GB/64GB.