Realme 3 vs Vivo V11 Pro, Siapa yang Lebih Pantas Dibeli?

Realme 3
Sumber :
  • Dokumen Realme

VIVA – Satu smartphone anyar, baru saja hadir di pasar Indonesia bulan ini, yakni realme 3. Ponsel tersebut membawa beragam  fitur spesial yang cocok digunakan konsumen Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. 

Di pasar smartphone Indonesia, realme 3 akan berhadapan dengan beberapa produk yang sudah hadir sebelumnya. Salah satu smartphone yang akan bersaing dengan realme 3 adalah Vivo V11 Pro yang sudah hadir sejak akhir  tahun lalu. 

Jika disandingkan, realme 3 dan Vivo V11 Pro memiliki beberapa fitur yang mirip. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari  simak  perbandingan antara realme 3 dan Vivo V11 pro berikut ini. 

Desain

Realme 3 mengusung bahasa desain yang terbilang revolusioner di kelasnya. Mengusung konsep unibodi, realme menghilangkan bodi tengah yang membuat pengguna akan memperoleh genggaman dan efek visual yang lebih baik. 

Digunakan pula warna gradasi kekinian yang membuat bodi realme 3 tampak elegan. Terdapat warna Dynamic Black dan Radiant Blue yang dihasilkan oleh teknologi penyemprotan terbaru. Kedua warna ini meningkatkan sisi estetik dari sebuah smartphone

Layar dewdrop Realme 3 merupakan upgrade dari notch realme2 yang sangat mengintegrasikan kamera depan, sensor cahaya, dan sensor jarak. Vivo V11 Pro juga menggunakan warna gradasi di bodinya untuk menghadirkan kesan elegan. Di bagian depan, terdapat notch kecil untuk menampung kamera depan. 

Kamera 

Sektor kamera tak ketinggalan digarap oleh realme. Di realme 3 terdapat kamera utama  13 MP + kamera sekunder 2 MP, dengan ukuran piksel tunggal kamera utama sebesar 1,12 um. Kombinasi aperture f /1.8 dan lensa 5P yang besar merupakan lompatan besar bagi Realme. Di bagian depan terdapat Kamera depan 13 MP dalam kombinasi lensa 5P, dengan aperture diperbesar menjadi f / 2.0, ukuran sensor menjadi 1/3 inci.

Di kamera realme 3 sudah disematkan fitur Nightscape yang dapat memaksimalkan kondisi foto saat malam. Dengan bantuan AI, sinergi multi-frame dan algoritma anti-shake, mode Nightscape akan secara signifikan meningkatkan kualitas gambar dalam cahaya redup.

Vivo V11 Pro datang dengan dukungan dual-camera belakang. Konfigurasinya adalah 12 MP + 5 MP. Untuk keperluan selfie, Vivo melengkapi V11 Pro dengan kamera depan 25 MP dengan aperture f/2.0.

Performa

Di sisi prosesor, realme 3 menggunakan Helio P60 yang sudah mengadopsi proses FinFET 12 nm terbaru TSMC, yang lebih hemat daya sebesar 15 persen.. P60 mengadopsi struktur 8-inti dan dilengkapi dengan empat inti Cortex-A53 dan empat inti Cortex-A73, dengan kecepatan clock P60 hingga 2.0GHz.

Untuk penyokong daya, realme 3 menyematkan baterai berkapasitas tinggi 4.230mAh. Dengan kapasitas itu, realme 3 dapat menunjang aktivitas pengguna selama seharian dalam pemakaian normal. 

Vivo V11 Pro diotaki oleh chipset Qualcomm Snapdragon 660 AIE yang dipadukan dengan RAM 6GB. Sementara untuk penyokong daya, Vivo V11 Pro menggunakan baterai berkapasitas 3.400 mAh. 

Harga

Realme seakan mengerti kebutuhan masyarakat Indonesia soal kebutuhan smartphone dengan banderol terjangkau. Realme 3 dijual seharga Rp 1.799.000 juta (normal Rp 1.999.000 juta) untuk versi RAM 3 GB/ROM 32 GB, Rp 2.099.000 juta untuk varian RAM 32 GB/ROM 64 GB, dan Rp 2.399.000 juta untuk versi RAM 4 GB/ROM 64 GB. Di sisi lain, Vivo V11 Pro pada saat hari peluncurannya, dibanderol Rp4.999.000.