Western Digital Tawarkan Software untuk Gamer, Kapasitasnya sampai 2TB

Peluncuran Western Digital Black SN750 NVMe SSD.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Misrohatun Hasanah

VIVA – Western Digital resmi memperkenalkan generasi kedua dari perangkat penyimpanan WD Black SN750 NVMe SSD dengan kapasitas hingga 2TB di Indonesia. Perangkat SSD ini hadir dengan form factor M.2 dengan teknologi 3D NAND, firmware, dan controller.

Product Marketing Manager, APAC Western Digital Corporation, Hui Low mengatakan, perangkat yang disempurnakan ini menjanjikan peningkatan pada sebuah game berat.

Menurutnya kemajuan teknologi membuat gamer mendapatkan tantangan yang semakin besar, termasuk performa dan ukuran data. Bahkan, ada beberapa game yang ukurannya mencapai 100GB.

"Desain pendingin yang ramping disematkan pada WD SN750. Dengan adanya sistem pendingin yang terintegrasi, kami menyasar segmen gaming dengan kebutuhan performa tinggi yang konsisten," kata Low di Jakarta, Senin, 18 Maret 2019.

Ia melanjutkan, sistem pendingin ini nantinya akan menghilangkan panas dari SSD ketika melakukan kerja intensif. Jelas kalau dibandingkan dengan versi tanpa heatsink, performa SN750 bakal lebih bertenaga karena mampu terus berada di performa puncak dalam waktu lebih lama.

Tak hanya itu, Low menuturkan WD menambahkan fitur Gaming Mode pada dashboard SSD eksklusif WD Black. Fitur ini memungkinkan para pengguna untuk menonaktifkan mode daya rendah dan membuat SSD terus bekerja dengan performa terbaiknya.

Ia mengaku software dashboard ini hanya hadir secara eksklusif untuk WD SN750 saja. Versi SSD lain tidak mendukung pengunaan software tersebut. Low juga mengklaim bahwa SSD ini bakal memiliki kemampuan baca sekuensial (read) dengan kecepatan hingga 3.470 MB/s.

Namun, hanya terbatas pada pilihan memori 500GB dan 1TB. Kemampuan tulis (write) diklaim bisa mencapai 3.000 MB/s dengan kecepatan baca (read) randomnya mencapai 515 ribu IOPs, dan kecepatan tulis random hingga 560 ribu IOPs.

WD Black SN750 NVMe SSD hadir dengan beberapa kapasitas memori, mulai dari 250GB hingga 2TB. Untuk kapasitas 250GB, WD membanderol SSD ini seharga Rp1,28 juta.

Sedangkan, kapasitas 500GB hadir dengan harga Rp2,18 juta, untuk kapasitas 1TB dan 2TB, masing-masing senilai Rp4,28 juta dan Rp8,5 juta.

Mengenai ketersediaan, WDd Black SN750 NVMe SSD dengan kapasitas 250GB dan 500GB sudah dapat dibeli di beberapa toko fisik, termasuk toko online WD Official Store di Lazada, Shopee dan Tokopedia. Adapun, versi 1TB baru akan tersedia pada pertengahan bulan ini, dan versi 2TB akan hadir pada kuartal II 2019.