Soal Alat Fotografi, Jay Subiyakto: Yang Penting Ringan

Jay Subiyakto
Sumber :

VIVA – Menjadi seorang fotografer yang sudah malang melintang memang identik dengan alat yang berat. Apalagi untuk mendapatkan hasil yang sempurna kabarnya diharuskan membawa kamera DSLR berat dengan lensa yang berharga sampai puluhan juta.

Namun tidak demikian dengan Jay Subiyakto. Dia mengaku tidak terlalu peduli dengan alat fotografi. Alat yang ringan dan tak terlalu menarik perhatian dianggap cukup menguntungkan baginya.

"Saya dari dulu ga pernah gila alat. Saya maunya se-ringan mungkin dan tak terlalu menarik perhatian. Enteng dan banyak opsi fitur yang bisa dimanfaatkan adalah sebuah hal yang sangat menguntungkan bagi saya dalam bekerja mengambil foto dan video," ujar pria berusia 59 tahun yang masih terlihat muda dan energik, dalam workshop Samsung Galaxy S10 di Hotel Gold Majesty, Busra, Turki, Selasa, 19 Maret 2019.

Dia menaruh hati pada Galaxy S10 Plus yang saat ini dipegangnya. Pria yang kerap berambut panjang itu mengaku pernah membawa Galaxy S10 Plus untuk mengeksplor Nepal, India. Dia mengaku sudah 4 kali ke India dan tak pernah bosan. Pasalnya, India memiliki keindahan yang lengkap, baik dari sisi budaya, filosofi, maupun sejarah arsitekturnya. 

Di sana dia memanfaatkan banyak fitur di Galaxy S10 Plus seperti super slow motion, hyperlapse, sampai membuat video dengan fitur Super Steady, memungkinkan hasil video terus stabil meskipun kamera bergerak mengikuti objek.

"Ini tidak membuat orang yang melihatnya jadi pusing. Saya bahkan menggunakan Galaxy S10 Plus saat mengambil gambar dari helikopter yang melayang diketinggian ribuan meter. Walau suhu dingin, Galaxy S10 tetap bisa diandalkan," ujar Jay.

Sempat peduli sosial media

Dia mengaku sebagai orang yang tidak suka berinteraksi di dunia maya. Sampai-sampai ia tak pernah berniat untuk membuat akun sosial media. Namun sejak menggunakan Galaxy S10, dia merasa cukup penting untuk bisa mempublikasikan karyanya itu di sana.

"Gara-gara Samsung, saya harus ikut sosmed. Saya orangnya jadul, jadi ga punya IG maupun FB. Waktu berniat bikin, sempat ga pede namun ternyata saya rasakan banyak juga manfaatnya," katanya.

Lalu mengapa di Instagram Jay Subiyakto tidak ada sama sekali foto wajahnya terpampang di sana?

"Ingin menampilkan karya-karya saja, makanya ga ada foto wajah saya sendiri," katanya.

Instagram Jay Subiyakto memiliki postingan pertama pada 19 Februari tahun ini dan telah memiliki 1.099 pengikut.

Samsung S10 menjanjikan kamera yang stabil dan tajam untuk fitur video. Ingin lihat hasilnya di tengah cuaca dingin Turki? Lihat dalam video ini: