10 Ikon Fitur Kamera di Samsung Galaxy S10 Plus yang Wajib Diketahui

Kamera Samsung Galaxy S10.
Sumber :
  • VIVA/Siti Sarifah Alia

VIVA – Samsung Galaxy S10 Plus akhirnya meluncur dengan banderol harga Rp13 jutaan. Ada harga, ada rupa. Itulah yang membuat Samsung Galaxy S10 dianggap sebagian orang cukup mahal, karena di dalamnya terdapat fitur-fitur yang bisa membuat hasil karya seseorang menjadi lebih keren.

Fitur-fitur yang dimaksud banyak yang disematkan dalam kamera bawaan. Samsung Galaxy S10 memiliki fitur seperti super steady dan video stabilization yang bisa diandalkan untuk membuat konten bergerak. Ada juga slow motion dan super slomo. Tidak ketinggalan, mode pro dan hyperlapse.

Semua fitur-fitur yang ada di Galaxy S10 ditampilkan dalam ikon gambar yang cukup unik. Setidaknya ada 10 ikon gambar yang harus kamu kuasai sebelum benar-benar menciptakan karya keren dengan Samsung Galaxy S10.

Berikut 10 ikon yang wajib diketahui di kamera Samsung Galaxy S10 Plus, berdasarkan penjelasan dari Taufiq Furqon, Product Marketing Samsung Electronic Indonesia, saat workshop Samsung Galaxy S10 di Istanbul, Turki, Kamis, 21 Maret 2019.

1. Satu daun

Samsung Galaxy S10 Plus memiliki kamera yang mampu mengambil gambar dalam kondisi apapun. Saat membuka kamera depan untuk mengambil foto, anda akan disuguhkan ikon daun. Satu ikon daun berarti lensa kamera akan membuat objek lebih dekat atau zoom in.

2. Dua daun

Ada juga ikon bergambar dua daun. Jika digeser ke ikon ini, lensa kamera akan menjauhkan objek sedikit sehingga lebih banyak obyek yang ditangkap. Ikon inilah yang digunakan untuk menangkap foto wide angle (sudut lebar)

3. Tiga daun

Nah, untuk ikon tiga daun, merupakan fitur untuk ultra wide angle. Saat digeser ke ikon tiga daun, obyek akan dibuat lebih menjauh lagi sehingga sudut tangkapan layar lebih luas lagi. 

4. Tangan getar

Ikon ini ada saat kamu membuka kamera belakang untuk mengambil video. Letaknya di tengah atas layar. Jika disentuh dan berubah warna kuning, maka artinya kamu mengaktifkan fitur super steady, yang membuat tangkapan video lebih smooth.

5. Tongkat bersinar

Ini adalah ikon yang jika disentuh akan mengaktifkan filter dan fitur Beauty. Ini bisa digunakan saat kamu ingin mengambil foto.

6. Putaran Galaxy Biru

Ikon ini untuk fitur Scene Optimization atau Pengoptimalan Adegan. Pertama, aktifkan dulu Scene Optimization di pengaturan kamera. Lalu bidik objek, maka akan keluar galaxy biru yang berputar-putar di sebelah tombol shutter. Tunggu sampai berhenti, maka akan muncul obyek yang dikenali. Ada 30 scene yg bisa dikenali mulai dari makanan, minuman, arsitektur, sampai sepatu.

Ada juga Smart Suggestion yang bisa diaktifkan di pengaturan kamera. Jika sudah diaktifkan akan muncul lingkaran dengan garis lurus. Jika posisi kamera dianggap sudah proporsional maka akan muncul notifikasi 'jepretan terbaik'.

7. Tanda panah memutar

Ini adalah ikon yang akan muncul jika anda menggunakan fitur hyperlapse. Ikon ini juga muncul di Gallery. Jika di antara video dalam galei ada yang ditandai dengan panah memutar seperti penunjuk waktu, itu berarti video hyperlapse.

8. Tiga lingkaran

Kalau hyperlapse ditandai dengan putaran panah, video slow motion akan ditandai dengan tiga lingkaran. Dengan ikon ini diharapkan kita jadi bisa membedakan, mana video hyperlapse, slow motion dan video biasa.

9. Satu atau 2 orang

Ikon orang akan muncul saat kamera depan digunakan. Ikon satu orang bisa digunakan untuk mengambil foto selfie, sedangkan ikon dua orang bisa digeser saat menjepret banyak orang atau wefie. Ini juga disebut sebagai wide angle untuk kamera depan.

10. 4 kotak berbeda di Fokus Live

Kamera depan juga memiliki fitur Fokus Live untuk menghasilkan foto bokeh. Ada empat varian bokeh yang bisa kamu hasilkan dengan bantuan empat kotak berbeda. Berturut-turut jika disentuh masing-masing kotak akan menghadirkan bokeh buram di bagian belakang dengan level yang berbeda. Sedangkan kotak terakhir bisa memberikan warna jelas di bagian wajah saja sedangkan background menjadi hitam putih.

Kamera Galaxy S10 Plus terdiri dari 5 unit yang tersebar di bagian depan dan belakang. Ada 3 disematkan di belakang, dan 2 di bagian depan. Nah, silakan menjajal fitur-fitur itu di Galaxy S10 kalian. (ali)

Samsung S10 menjanjikan kamera yang stabil dan tajam untuk fitur video. Ingin lihat hasilnya di tengah cuaca dingin Turki? Lihat dalam video ini: